BOPI: Kick Off ISL 4 April, Tanpa Arema dan Persebaya

Ilustrasi pertandingan Persib vs Persipura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya merestui kick off Liga Super Indonesia (ISL), 4 April 2015. Namun, kompetisi sepakbola tertinggi di Tanah Air ini hanya diikuti 16 tim.

Hal ini diungkapkan dalam acara jumpa pers yang digelar di kantor Kemenpora, siang tadi, Rabu, 1 April 2015. Hadir juga dalam acara ini, Ketua BOPI, Noor Aman, Sekjen BOPI, dan Ketua Tim Verifikasi BOPI, Imam Suroso, dan Deputi V Kemenpora, Gatot Dewa Broto.

20 Bonek Tak Bisa Pulang, Polisi Belikan Tiket Kereta

Gatot mengatakan, ada dua tim, yang tidak direkomendasikan untuk tampil di ISL musim ini. Sedangkan satu tim lagi akan dipantau perkembangannya hingga putaran pertama.

"Kick off ISL tidak diundur dan akan tetap dilaksanakan tanggal 4 April 2015," kata Gatot siang tadi.

"Tim tidak akan memberi rekomendasi kepada klub yang tidak terverifikasi oleh BOPI. Tidak akan bisa ikut serta dalam ISL," sambung Gatot. 

Manajer Persib Komentari Tuntutan Bonek

Ketua BOPI, Noor Aman, menjelaskan bahwa dua klub yang dimaksud adalah Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Menurutnya, kedua klub ini tidak direkomendasikan karena masih masuk kategori C.

"Arema dan Persebaya karena masih bermasalah dengan pajak, gaji pemain, dan dualisme kepemilikan," ujar Noor Aman. "Kalau PBR sudah menyatakan bakal melengkapi syarat yang diajukan oleh BOPI," beber Noor Aman.

Sebelumnya, PT Liga Indonesia selaku operator Liga menetapkan ISL musim ini akan diikuti oleh 18 klub dan menjadwalkan kick off, awal Februari lalu. Namun, BOPI merekomendasikan agar kompetisi ditunda dua pekan sampai klub peserta memenuhi persyaratan.
Bertuliskan Tangan, Ini Surat yang Dibuat Exco untuk Bonek

Setelah melakukan pertemuan dengan seluruh klub, PT Liga Indonesia akhirnya memutuskan untuk memundurkan jadwal kompetisi tersebut menjadi 4 April 2015. Selama rentang waktu berjalan, proses verifikasi terus dilakukan oleh BOPI terhadap klub-klub ISL.

Selama proses verifikasi, BOPI mengelompokkan ke-18 tim peserta dalam tiga bagian berdasarkan kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan. Selain Arema dan Persebaya, PBR sebelumnya juga masuk kategori terendah, C. Namun, tim asal Bandung itu telah mengirimkan surat kepada BOPI yang menegaskan akan melengkapi persyaratannya.

"Keputusan itu berlaku pada semua tim mengacu pada verifikasi faktual. Kami akan menerima konsekuensi apapun yang akan dilayangkan oleh klub yang tidak mendapat rekomendasi," kata Noor Aman. (one)

![vivamore="Baca Juga :"]

Timnas Indonesia Dipastikan Gagal Tembus Piala Asia U-23

Legenda Arsenal 'Remehkan' Kehebatan Harry Kane

Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Malam Tadi

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya