Timnas U-23 Saat Ini Jadi Runner-Up Terbaik dari 10 Grup

Indonesia vs Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Asia U-23
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi
- Tim nasional Indonesia U-23 masih dalam posisi terdepan dalam perebutan tiket Piala Asia 2016 lewat jalur
runner-up
5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral
terbaik. Namun, skuad Garuda Muda harus hati-hati dalam laga terakhir lawan Korea Selatan.
5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI

Selain 10 negara yang lolos langsung ke Piala Asia tahun depan dengan status juara grup, akan ada lima slot tersisa yang diperebutkan oleh 10 runner-up dari Grup A sampai Grup J.

Hal ini dibuat karena Grup A sampai C diisi oleh lima negara sedangkan Grup D sampai J hanya diisi oleh empat negara saja. Ada beberapa peraturan yang dibuat untuk memilah siapa lima
runner-up y
ang masuk dalam kategori terbaik.


Penentuan peringkat akan ditentukan oleh jumlah poin dalam pertandingan grup, setelah itu baru mengacu pada selisih gol. Jika ada dua negara yang sama akan ditentukan oleh jumlah gol yang dicetak dan jumlah kemenangan di fase grup.


Kalau mengacu pada aturan yang dibuat AFC tersebut, Indonesia saat ini masih menjadi
runner-up
terbaik dengan catatan paling baik. Skuad asuhan Aji Santoso mengumpulkan enam poin dengan selisih gol +7.


Timnas U-23 berhasil unggul atas Yaman dan Uzbekistas yang sama-sama mengumpulkan enam poin, dengan selisih gol +6. Di posisi ketiga ada Thailand dengan enam poin dan selisih gol +5. Lalu di tempat kelima ada Myanmar dengan enam poin dan selisih gol +4.


Laos sebenarnya berhasil mencatatkan selisih gol +7, namun mereka hanya bisa bermain imbang melawan Singapura di laga pertama Grup J sehingga hanya mengumpulkan empat poin. Laos pun harus puas duduki posisi enam.


Tetapi, peringkat puncak belum membuat Manahati Lestusen cs aman. Tim besar Timur Tengah macam Oman dan Arab Saudi masih menduduki peringkat tujuh dan delapan dengan empat poin. Oleh karena itu, posisi Indonesia masih terancam pada laga terakhir nanti.


Timnas U-23 harus meraih kemenangan atas Korsel pada hari Selasa, 31 Maret 2015, kalau ingin lolos langsung ke babak utama sebagai juara grup. Tapi, kalau tidak hati-hati maka kesempatan lolos yang sudah di depan mata akan sirna.


Apalagi pertandingan di Grup B belum digelar akibat serangan bom di negara tuan rumah yang ditunjuk AFC, Pakistan, hanya beberapa pekan sebelum
kick-off
. Pertandingan belum digelar dan akan dipindah ke negara lain.


Peluang Garuda Muda untuk lolos ke Qatar terbuka lebar. Asal, bisa tampil maksimal pada laga terakhir lawan Korsel besok. Apalagi bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno.


Berikut peringkat lengkap Indonesia U-23 di klasemen runner-up terbaik:


 photo New Picture 1.jpg
![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya