Utak-atik Formasi Timnas U-23 Tanpa Evan Dimas

Indonesia vs Timor Leste di Kualifikasi Piala Asia U-23
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Lilipaly Cuma Jadi 'Ban Serep' di Timnas Indonesia?
- Timnas Indonesia U-23 bakal bertarung dengan Brunei Darussalam dalam lanjutan kualifikasi Piala Asia, Minggu 29 Maret 2015 sore, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Di pertandingan tersebut, timnas U-23 terancam tanpa salah satu pilar andalannya, Evan Dimas, yang mengalami cedera bahu.

Tekad Evan Dimas Kembali Perkuat Indonesia di Piala AFF
Tak cuma Evan, kapten timnas U-23, Manahati Lestusen, juga terancam absen lantaran cedera engkel kanannya kambuh ketika duel melawan Timor Leste, Jumat lalu.

Evan Dimas Rayakan Ultah Bersama WNI di Spanyol
Satu pemain yang sudah dipastikan absen adalah gelandang bertahan, Zulfiandi. Zul harus menjalani akumulasi kartu karena diusir wasit di laga melawan Timor Leste.

Dengan kondisi seperti ini, bagaimana formasi yang bakal diturunkan oleh pelatih timnas U-23, Aji Santoso, di pertandingan nanti?

"Kalau dilihat, saat melawan Korea Selatan, Brunei bermain dengan menerapkan strategi compact defense. Pemain Korsel mengalami kesulitan dengan situasi seperti ini. Dan kemungkinan, saat melawan Indonesia mereka juga bakal melakukan hal yang sama," kata Aji.

Merunut dari pernyataan Aji, pola 4-1-4-1 tampaknya lebih pas untuk diterapkan di pertandingan nanti. Permainan Pasukan Garuda Muda terlihat lebih hidup saat menerapkan pola ini. Serangan mereka tersusun secara rapi, begitu pula dengan sistem pertahanannya.

Namun, yang menjadi masalah adalah timnas U-23 tak punya banyak stok di posisi gelandang bertahan agar pola tersebut bisa diterapkan di pertandingan nanti. Absennya Zul cukup membuat Aji pusing. Pelatih 44 tahun tersebut harus memutar otak untuk mencari siapa pemain pengganti Zul.

Sebenarnya, Adam Alis Setyano bisa beroperasi sebagai gelandang bertahan. Namun, Adam mengaku lebih senang bermain di posisi free role pada lini kedua. "Naluri saya di sana. Kalau gelandang bertahan, saya masih sedikit mengalami kesulitan," ujar Adam.

Ya, pemain 21 tahun tersebut memang bermain baik ketika diberikan peran bebas di laga melawan Timor Leste kemarin. Bahkan, Adam mampu melesakkan satu gol cantik dan satu assist untuk kemenangan 5-0 timnas U-23 atas Timor Leste.

Opsi selanjutnya menempatkan Paulo Sitanggang sebagai "tukang pukul" tunggal di lini tengah. Saat Cole --sapaan Zul-- dikeluarkan wasit, Aji memasukkan Paulo. Dan kinerjanya sebagai gelandang bertahan tak terlalu mengecewakan.

Kemudian untuk pengganti Evan Dimas, Aji punya 2 pemain yang bisa beroperasi sebagai gelandang serang atau penyerang lubang. Mereka adalah Ahmad Noviandani dan Anthony Putro Nugroho. Tapi, peluang Dani untuk turun lebih besar dari Anthony. Pasalnya, Anthony kini lebih sering beroperasi sebagai striker sayap.

Terkait pengganti Manahati, Aji juga punya 2 pemain yang kualitasnya sepadan. Mereka adalah Jajang Maulana dan Rudolof Yanto Basna.

"Saya punya pertimbangan dalam menyusun tim. Kondisi (fisik) pemain jelang pertandingan juga menjadi salah satu pertimbangan utama. Yang pasti, saya akan diskusikan masalah skuad utama dengan seluruh staf. Tapi, kemungkinan besar akan ada rotasi di laga melawan Brunei," ucap pria kelahiran Malang tersebut.

Prediksi Formasi Timnas U-23 kontra Brunei:

Timnas U-23 (4-1-4-1): M. Nathsir (GK); Abduh Lestaluhu, Hansamu Yama Pranata, Jajang Maulana, Putu Gede Juni Antara; Paulo Sitanggang; Ilham Udin Armaiyn, Adam Alis Setyano, Ahmad Noviandani, Wawan Febriyanto; Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.
![vivamore="
Baca Juga
:"]

Jadi Penyelamat, Ini Kata Pemain Naturalisasi Timnas Italia

Reaksi Conte Soal Ancaman Pembunuhan dari Fans Juventus

Jurnalis Seksi Ini Dukung Tim Favoritnya dengan Cara Erotis

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya