Wawancara Park Ji Sung:Memperkuat MU, Fantastis!

Legenda Manchester United, Park Ji Sung
Sumber :
  • Dyah Pitaloka / VIVA.co.id

VIVA.co.id - Siapa yang tak kenal Park Ji Sung. Pria asal Korea Selatan ini pernah menjadi pilar di lini tengah Manchester United.

Saat ini, pemain yang terkenal pekerja keras tersebut tengah berada di Malang untuk mencari bakat baru bersama Clear Ayo! Indonesia Bisa Academy 2015. Viva.co.id mendapat kesempatan wawancara ekslusif bersama Park Ji Sung.

Sejumlah hal terungkap dari perbincangan VIVA.co.id dengan pria 34 tahun tersebut. Mulai dari awal kecintaannya terhadap sepakbola hingga ramuan khusus permainannya yang tak kenal lelah.

Berikut petikan wawancara ekslusif VIVA.co.id dengan Park Ji Sung, Sabtu 25 Maret 2015:

Hi Park Ji Sung, Apa kabar Park?

Harry Maguire Belum Pantas Jadi Kapten Manchester United

Baik, Terimakasih

Selamat datang di Malang, bagaimana kesanmu tentang Malang?
Malang mirip Jakarta. Banyak kendaraan, macet, yang ini saya tidak begitu suka. Tapi di sini lebih tenang dan orangnya ramah-ramah

Selama di Malang adakah agenda khusus yang akan dilakukan?
Agenda saya mengikuti program saja, mencari bakat pemain sepakbola baru

Bisakah diceritakan tentang awal mula tertarik dengan sepakbola?
Sejak kecil saya suka dengan olahraga. Awalnya saya bermain baseball. Pada usia 9 tahun, saya pindah sekolah dan pindah kota. Dua bulan saya di sana, klub sepakbola sekolah terbentuk. Saya langsung bergabung. Tidak terbesit di benak saya saat itu untuk melakukan olahraga selain sepakbola

Saat itu adakah pemain sepakbola idola anda?
Ada tiga pemain yang menginspirasi saya. Diantaranya Myung Bo Hung (Hong Myung Bo) dan Dunga, pemain Brasil. Saya ingin bermain sepakbola sebagus mereka.

Apakah 9 tahun adalah usia tepat untuk memulai bermain sepakbola?
Usia itu sebenarnya sedikit terlambat, sekarang bermain bola dimulai di usia lima atau tujuh tahun.

Sejak itu apakah anda terus menggembleng fisik sambil terus memperbaiki teknik bermain bola?
Saya mulai fokus membenahi fisik dan stamina sejak usia 14 tahun. Terus berlatih dan disiplin untuk menjaga pola hidup sehat

Bisakah diceritakan kesan ketika bermain bersama Manchester United?
Fantastik! Pengalaman bermain dengan tim kelas dunia, fans kelas dunia, pertandingan papan atas. Banyak pertandingan istimewa dan tak terlupakan. Terlebih, saya bisa menunjukkan bahwa pemain asal Asia bisa main di liga Eropa. Saya bangga atas itu.

Apakah posisi favorit anda saat bermain untuk MU?
Umumnya saya bermain di tengah, tetapi tidak masalah bagi saya untuk bermain di kanan, atau kiri.

Diantara begitu banyak pertandingan papan atas, adakah pertandingan yang paling berkesan saat berasama MU?
Ada banyak sekali, mungkin yang paling berkesan di tahun 2011, saat melawan Chelsea. Kami menang 2-0. Saya suka pertandingan itu karena saya bisa bermain seperti apa yang saya targetkan. Dan saya bisa menunjukkan pada fans bahwa inilah kemampuan saya. Saya bisa, meskipun saya tidak mencetak gol saat itu.

Adakah tips untuk bisa menjadi pemain profesional dengan pencapaian seperti anda?
Tipsnya menjaga kualitas dan mental saat di lapangan dan juga di luar lapangan. Di lapangan kalian harus menunjukkan kualitas permainan terbaik, tapi diluar lapangan kalian harus punya sikap yang profesional. Kerja keras untuk mempertahankan kualitas, dan jangan mudah menyerah untuk mencapai cita-cita.

Ceritakan tentang resep jus katak untuk meningkatkan stamina dan badan?
Itu sebenarnya terjadi ketika saya kecil, ketika 11 tahun. Saya hanya minum sekali. Saat itu tubuh saya kecil dan orang tua saya ingin saya tumbuh dengan badan yang tinggi dan kuat. Mereka meminta saya minum jus itu.

Bagaimana hasilnya?
Mungkin bisa berhasil bisa tidak, saya tidak yakin. Waktu berjalan dan saya terus tumbuh memang semakin besar dan punya stamina kuat. Tapi tentu dengan latihan dan kerja keras, sekarang di sana sudah banyak orang yang tidak lagi minum jus katak, rasanya tidak enak.

Menurut anda apakah pemain Indonesia berkesempatan bermain di Liga sepakbola Eropa?
Saat ini trennya akan semakin banyak pemain Asia yang mewarnai liga sepakbola Eropa dan dunia. Sekarang, beberapa pemain asal Indonesia juga mulai bermain di Eropa. Saya yakin akan semakin banyak ke depan.

Bagaimana anda bisa yakin?
Sepakbola pada dasarnya sama dimanapun anda berasal. Hanya kesempatan dan kerja keras yang akan membawa pemain untuk bisa sukses.

Adakah kendala bagi pemain Asia untuk bermain di Eropa?
Kendala yang paling berat adalah mengatasi perbedaan budaya. Siapapun pemain muda Indonesia yang bermain bagus pasti bisa sukses. Tapi harus tetap menyiapkan diri mental dan fisik dengan baik, kultur Eropa beda dengan Asia. Akan sulit untuk beradaptasi, jika tidak memiliki mental dan fisik yang kuat akan sulit untuk bertahan.

Menurut anda, bagaimana dampak program Clear Ayo!Indonesia Bisa Academy 2015 pada sepakbola di Indonesia?
Ini kampanye yang bagus. Semua pemain ingin sukses, tapi harus ditunjukkan dan kampanye ini menjemput bola. Ini bisa membantu mewujudkan mimpi mereka, sekaligus memberikan harapan dan juga motivasi untuk terus bekerja keras dan mengejar cita-cita. Kalian sudah punya kompetisi dan liga, dan kampanye ini memberi motivasi lebih. Juga memberikan fasilitas untuk belajar banyak dengan tim kelas dunia di Manchester United, harapannya bisa pulang dengan membawa pengalaman baru dan diterapkan di lingkungan di sini.

Terimakasih Park
Terimakasih Kembali

![vivamore="Baca Juga :"]

5 Pertemuan Terakhir MU Vs Tottenham, Hujan Gol dan Pembantaian

Barcelona Buru Pemain Atletico dan Liverpool

Marcus Rashford Gantikan Kylian Mbappe di PSG?

Jurnalis Seksi Ini Dukung Tim Favoritnya dengan Cara Erotis

Tenaga Super Park Ji Sung dan Cerita Jus Kodok

Jurnalis Seksi Ini Dukung Tim Favoritnya dengan Cara Erotis

Gol Telat Sneijder Buyarkan Kemenangan Turki Atas Belanda

Pemain Berdarah Brasil Selamatkan Italia dari Kekalahan

Bale Dua Gol, Wales Bungkam Israel di Haifa

[/vivamore]


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya