Profil Klub ISL 2015: Maung Bandung & Tekanan Juara Bertahan

Pemain Persib Bandung di Liga Champions Asia 2015
Sumber :

VIVA.co.id - Memulai Indonesia Super League (ISL) musim 2015, Persib Bandung akan berstatus sebagai juara bertahan. "Maung Bandung" pun sedang meretas mimpi untuk mempertahankan trofi juara di Kota Kembang.

Persib secara mengejutkan tampil sebagai juara ISL musim lalu. Tim asuhan Djadjang Nurdjaman tersebut bermain sangat apik dalam musim reguler dan juga babak 8 besar.

Setelah membungkam Arema Cronus di semifinal, Persipura Jayapura menjadi korban Persib berikutnya di laga final. "Mutiara Hitam" harus menyerahkan mahkota juaranya setelah kalah dalam adu penalti.

Persib pun meraih gelar juara Liga Indonesia kedua sepanjang sejarah. Publik Bandung meledak dalam kegembiraan. Pesta rakyat digelar oleh masyarakat dari berbagai golongan, dari warung kopi sampai pesta mewah pejabat pemerintah.

Pesta pun kini telah usai dan Persib mulai mempersiapkan diri menghadapi tantangan baru yaitu mempertahankan gelar juara, yang akan jadi sejarah baru karena belum pernah ada klub yang melakukannya di pentas ISL.

Namun, misi itu tidak akan mudah.

Selanjutnya

Bus Rombongan Persib Kecelakaan

Selain melawan sejarah, Persib juga dihadapkan beberapa jalan berliku dengan keikutsertaannya di AFC Cup dan Piala Indonesia, yang akan kembali bergulir musim ini.

Apalagi, persiapan Persib kurang maksimal selama pramusim ini. Pencarian striker yang berlarut-larut sampai batalnya beberapa agenda ujicoba juga sempat menjadi penghalang.

Beruntung, Persib mulai menemukan jalan keluar. Keikutsertaan di ajang AFC Cup jadi keuntungan karena mereka sudah mencuri start dalam urusan memanaskan mesin daripada peserta ISL lain.

Selain itu, penyerang impor yang selama ini membuat Persib pusing akhirnya hadir juga. Persib akhirnya "membajak" bomber Serbia, Ilija Spasojevic, dari tangan Pelita Bandung Raya (PBR), yang sedang menghadapi masalah finansial. Kuota pemain asing Persib pun komplet.

Kedatangan Spaso menyusul dua legiun asing yang dipertahankan Persib setelah tampil cemerlang musim lalu. Makan Konate masih menjadi motor serangan, sedangkan kompatriot Spaso, Vladimir Vudjovic, bakal tetap jadi jenderal lini belakang Persib.

Dari sisi pemain lokal, Persib tidak terlalu banyak merombak skuadnya. Djanur sepertinya berpatokan pada kalimat "stick with your winning team". Tercatat hanya tiga transfer yang terjadi yaitu ketika mendatangkan Yandi Sofyan, Dias Angga Putra, dan Dedi Kusnandar.

Sudah memiliki skuad yang mumpuni, Persib terlihat sangat superior selama pramusim, dengan berhasil merebut 14 kemenangan dan hanya kalah 2 kali dalam 16 laga.

Performa konsisten ditunjukkan Persib di ajang AFC Cup dengan merebut 2 kemenangan dari 3 laga pertama. Jadi, "Pangeran Biru" sudah dalam kondisi siap tempur jelang bergulirnya ISL, awal April mendatang.

Semen Padang akan menjadi lawan pertama saat laga pembuka 4 April 2015 mendatang di Stadion Si Jalak Harupat, sebelum menjalani derby Bandung kontra Pelita Bandung Raya, 3 hari berselang. Mampukah Persib memecah kutukan juara bertahan?

DATA KLUB
Nama Lengkap: Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung
Julukan: Maung Bandung, Pangeran Biru
Didirikan: 14 Maret 1933
Stadion: Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung
Kapasitas: 45.000
CEO: Glen Sugita
Manajer: H Umuh Muchtar
Pelatih: Djadjang Nurdjaman
Asisten Pelatih: Asep Soemantri

SUSUNAN PEMAIN

Kiper: M Natsir, Shahar Ginanjar, I Made Wirawan

Bek: Abdul Rahman, Ahmad Jufrianto, Diaz Angga Putra, Jajang Sukmara, M Agung Pribadi, Supardi Natsir, Tony Sucipto, Vladimir Vujovic

Tengah: Atep Rizal, Dedi Kusnandar, Firman Utina, Hariono, Konate Makan, M Ridwan, M Taufiq

Depan: Yandi Sofyan, Rudiyana, Tantan, Ilija Spasojevic
(one)

![vivamore="
Stadion Pakansari Jadi Opsi Utama Kandang Persib
Baca Juga :"]
Djanur Keluhkan Lini Depan Persib

Bintang Palermo Tolak Arsenal Demi Juventus

Hadapi Kamerun, Indonesia Andalkan Duet Boaz-El Loco

Hujan Bubarkan Latihan Timnas Korea Selatan U-23

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya