Profil Klub ISL 2015: Mitra Kukar Suntik 'Darah' Inggris

Mitra Kukar
Sumber :

VIVA.co.id - Salah satu nama klub yang "meledak" dalam beberapa musim terakhir Indonesia Super League (ISL) adalah Mitra Kukar. Klub kaya asal Kalimantan Tengah ini mulai menunjukan taji di musim keempatnya di kompetisi kasta tertinggi Indonesia.

Klub yang dulunya bernama Niac Mitra pada era 1990-an ini berhasil pertama kali menembus pentas ISL, setelah menjadi pengisi peringkat tiga Divisi Utama pada musim 2010-11. Performa klub berjuluk "Naga Mekes" itu pun cukup menjanjikan.

Setelah hanya bisa menduduki peringkat sembilan klasemen akhir pada musim perdananya di ISL, Mitra Kukar berhasil menembus peringkat tiga klasemen satu tahun kemudian, sebelum berhasil merebut tiket ke delapan besar pada kompetisi musim kemarin.

Persiapan tim yang dimanajeri oleh Roni Fauzan ini terlihat begitu dipersiapkan sematang mungkin. Pelatih Stefan Hansson didepak dan digantikan oleh peracik strategi asal Inggris, Scott Cooper, yang sebelumnya melatih dua klub besar Thailand, Buriram United dan Muangthong United.

Tiga pemain asing mereka datangkan yaitu duo Spanyol, Jogre Gotor Blas dan Cristian Portilla, lalu penyerang asal Irlandia Utara, Roy O'Donovan, berhasil menjadi rekrutan Mitra Kukar dari segi pemain impor.

Dua nama dari negeri Britania Raya ini menjadi andalan bagi Mitra Kukar musim ini. Cooper diberi target tinggi untuk menjadi kampiun ISL, sementara O'Donovan akan terus dalam sorotan menyangkut jumlah golnya. Dua "darah" Inggris ini diharapkan bisa melecut "Naga Mekes" ke papan atas.

Dari muka lokal, Rachmat Afandi, Syahrizal, dan Rizky Pellu, berhasil didapatkan dari Persija Jakarta dan Pelita Bandung Raya. Sementara pemain jebolan tim nasional Indonesia U-19 macam Ravi Murdianto, Gavin Kwan Adsit, dan Ryuji Utomo, juga berhasil merapat ke Mitra Kukar.

Nama-nama lama seperti Anindito Wahyu, Dedi Gusmawan, Diego Michiels, Jajang Mulyana, dan Zulkifli Syukur juga berhasil dipertahankan di Stadion Aji Imbut. Skuad Mitra Kukar memiliki kualitas mumpuni untuk bersaing di papan atas.

Persija Ajukan Banding atas Putusan DRC FIFA

Jika satu musim sebelumnya Mitra Kukar melakukan persiapan di Italia, kini negeri "Gajah Putih" menjadi pilihan. Dua ujicoba pertama di Thailand, berjalan cukup baik usai menang 2-1 atas TTM Custom, menang 2-0 atas Air Force Central, dan terakhir menang tipis 1-0 atas Ratchaburi FC.

Usai menyapu bersih tiga laga uji coba dengan beberapa klub Thailand, penampilan Mitra Kukar merosot, saat tampil di SCM Cup menghadapi klub-klub Indonesia Super League (ISL) macam Arema Cronus, Persipura Jayapura, dan Persela Lamongan.

Cooper harus melihat gawang timnya kebobolan sembilan kali dalam dua pertandingan pertama melawan Arema (2-5) dan Persipura (1-4). Di laga terakhir lawan Persela, Mitra Kukar hanya bisa bermain imbang 0-0.

Perlahan, performa Mitra Kukar mulai membaik ketika menghadapi beberapa tim lokal. Terakhir, "Naga Mekes" berhasil menang 3-0 atas Harbi Putra pada akhir pekan kemarin. O'Donovan menunjukan ketajamannya dengan mencetak dua buah gol.

Beberapa laga ujicoba akan kembali akan dilakukan oleh Mitra Kukar jelang bergulirnya ISL musim 2015 awal April mendatang, ketika harus melakoni laga tandang menghadapi Persebaya Surabaya.


DATA KLUB:
Nama lengkap: Persatuan Sepakbola Mitra Kutai Kartanegara
Julukan: Naga Mekes
Didirikan: 2003
Markas: Stadion Aji Imbut, Kutai Kartanegara, Indonesia
Kapasitas: 35.000 penonton
Ketua Umum: Endri Erawan

SUSUNAN PEMAIN:
Kiper: Joice Sorongan, Ravi Murdianto, Wawan Hendrawan, Riki Pambudi

Pemain Belakang: Jorge Gotor Blas, Dedi Gusmawan, Diego Michiels, Hagi Permana, Zulkifli Syukur, Rudolof Yanto Basna, Lopenda, Michael Orah, Mahdi Fahri Albar, Syahrizal Syahbuddin

Tengah: Gavin Kwan Adsit, Ryuji Utomo Prabowo, Anindito Wahyu Erminarno, Hendra Ridwan, Muhammad Bachtiar, Ade Suhendra, Defri Rizky, Ishak Djober, Rizky Pellu, Cristian Portilla

Depan: Rachmat Afandi, Yogi Rahadian, Putra Aprilianto, Septian David Maulana, Jajang Mulyana, Roy O'Donovan. (asp)

PT Liga Tak Masalah ISC 2016 Digelar Lebih Awal
![vivamore=" Baca Juga
Mantan Bek Arema Cronus Merapat ke Surabaya United
:"]

Ronaldo Maki Balik Fans Madrid dengan Kata Kotor?

Rekor Sempurna Monaco Lawan Arsenal

Tandang ke Dortmund, Juventus Dipastikan Tanpa Pirlo

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya