Kandang Tottenham, Langganan Insiden Pingsan Premier League

Pemain Tottenham Hotspur saat melihat Bafetimbi Gomis Pingsan
Sumber :
  • Action Images via Reuters / John Sibley Livepic

VIVA.co.id - Pertandingan antara Tottenham Hotspur menjamu Swansea City dikejutkan sebuah insiden saat laga memasuki menit ke-12. Striker Swansea, Bafetimbi Gomis, terkapar di tengah lapangan akibat pingsan. Tapi, ini bukan kali pertama White Hart Lane jadi saksi.

Gomis secara tiba-tiba terjatuh dan tergeletak di dekat lingkaran lapangan tengah. Para pemain Spurs dan Swansea pun terkejut. Petugas medis pun langsung mengerumuni pemain Swansea tersebut.



Saat ditandu, kondisi Gomis sudah jauh lebih baik. Matanya sudah terbuka dan bisa mengangkat tangan, merespons tepuk tangan yang diberikan oleh kawan maupun lawan di stadion Tottenham tersebut.

Tetapi, White Hart Lane sempat menyaksikan insiden yang lebih parah lagi. Tepatnya dua tahun lalu ketika Tottenham menjamu Bolton Wanderers di pertengahan Maret 2012 pada laga perempat final Piala FA.



Fabrice Muamba jatuh tak sadarkan diri dan sedikit mengalami kejang di tengah lapangan. Beruntung, seorang dokter ahli kardiologi yang tak lain suporter Tottenham, Andrew Deaner, langsung turun dari tribun Stadion White Hart Lane untuk menolong. Bersama tim medis, Deaner membawa Muamba ke London Chest Hospital.

Muamba didiagnosis telah mengalami gagal jantung. Jantung mantan punggawa Arsenal ini bahkan sempat berhenti selama 78 menit.

Selanjutnya

Musim Depan, Spurs Masih Lebih Baik dari Liverpool

Namun, penanganan intensif dari tim medis dan dukungan semua pihak membuat nyawa pria yang sempat memperkuat timnas Inggris U-21 ini masih bisa diselamatkan.

Perkembangan kesehatan Muamba terus menunjukkan sinyal positif. Dia akhirnya diperbolehkan untuk meninggalkan rumah sakit pada 16 April 2012.

"Apa yang terjadi kepada saya benar-benar sebuah keajaiban," kata Muamba pada BBC, kala itu. Setelah kejadian itu, Muamba pensiun dari lapangan hijau.

Pemain lain yang sempat mengalami insiden di tengah lapangan adalah gelandang Livorno, Piermario Morosini, hanya kurang dari satu bulan usai kejadian Muamba. Sayangnya, nyawa pemain berusia 25 tahun itu tidak tertolong dan meninggal sebelum diangkut oleh ambulan. Untuk menghormati insiden itu, semua laga liga profesional Italia terpaksa ditunda. (one)

![vivamore="
De Boer Diminta Selamatkan Inter Usai Dibantai Tottenham
Baca Juga :"]
Inter Milan Dilumat Hotspur, Ini Alibi Mancini

Gomis Pingsan, 5 Menit Menegangkan Guncang Premier League

Rebut 3 Poin, Percaya Diri 'Lily Whites' Kembali Mekar

Takut di Rumah, WAGs Seksi Persija Nyusul ke Lapangan

Juventus Sodorkan Cek Kosong untuk Tevez

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya