Si Tukang Gigit Mulai Unjuk Gigi di Barcelona

Bomber Barcelona Luis Suarez
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Performa Luis Suarez sedang bagus-bagusnya, perannya pun kian krusial bagi Barcelona. Pemain yang lebih kenal sebagai ‘tukang gigit’ ini pun telah unjuk gigi dalam beberapa laga terakhirnya bersama El Barca.

Pada transfer pemain di musim panas lalu, keputusan Barcelona membeli Suarez dari Liverpool sempat dipertanyakan. Sebab, pemain asal Uruguay itu baru saja menggigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014 dan menjalani hukuman cukup berat dari FIFA.

Sempat dilarang bermain hingga akhir Oktober 2014, Suarez tak langsung nyetel untuk menjadi mesin gol baru bagi Barcelona. Tapi kini, perjudian Barcelona dalam membeli pemain seharga 81 juta euro itu seolah terbayar.

Terbaru, Suarez menyumbangkan 1 gol dan 1 assist saat Barcelona menang 3-1 atas Granada di jornada ke-25 La Liga. Setelah sebelumnya, dia menjadi bintang kemenangan 2-1 Barca atas Manchester City lewat 2 golnya di leg 1 babak 16 besar Liga Champions.

Meski menjadi pemain kontroversial, Suarez memang seorang bomber handal. Musim lalu, dia mencetak 31 gol untuk Liverpool di ajang Premier League, secara keseluruhan Suarez sudah membukukan 69 gol dan 43 assist dari 110 laga di Premier League selama 3,5 musim di Liverpool.

Mendapat Pengakuan
Dalam catatan Soccerway, Suarez saat ini sudah membukukan 10 gol dari 25 pertandingan yang sudah dilakoninya bersama Barcelona di musim ini. Selain itu, striker berusia 28 ini sudah menyumbangkan 10 assist, 9 di antaranya tercipta di ajang La Liga.

Suarez bisa dibilang bukan striker yang egois bila berada di depan gawang lawan, terbukti dari jumlah assist yang dibuatnya. Saat menang 3-1 atas Granada, Suarez mendapat peluang untuk menambah pundi-pundi golnya.

Akan tetapi, dia lebih memilih memberikan gol tersebut kepada Lionel Messi. Pemain yang mendapat julukan El Pistolero itu, bukan tidak mungkin bisa memberikan banyak gelar untuk Barcelona bila bisa tampil konsisten hingga akhir musim.

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, menilai bila Suarez memang mengawali debutnya di Spanyol dengan lambat. Akan tetapi, pelatih berusia 44 tahun ini mengakui bila Suarez sudah memberikan peran yang besar bagi timnya.

"Semenjak ia mulai bermain lagi, kami telah menyaksikan Suarez menampilkan standar permainan yang tinggi," kata Enrique, seperti dilansir Football-Espana.

"Mungkin saat ini ia lebih spektakuler, atau Anda lebih terfokus padanya sekarang, Namun, sebelumnya pun dia sudah menjadi sangat spesial dan juga bekerja keras untuk tim," sambung pelatih Celta Vigo ini.

Barcelona saat ini memiliki peluang untuk meraih treble winner di musim ini, antar lain La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions. Kemenangan atas Granada, membuat raihan poin mereka hanya kalah 1 poin dari Real Madrid yang berada di puncak klasemen.

Sedangkan di Copa del Rey, Barcelona tengah berjuang berebut tiket final dengan Villarreal di babak semifinal. Untuk Liga Champions, mereka akan melakoni leg 2 babak 16 besar kontra Manchester City pada 18 Maret mendatang, kini mereka unggul agregat 2-1 atas The Citizens.

ManCity Kepincut

Tim kaya raya asal Inggris, Manchester City, kepincut untuk membawa kembali Suarez ke Premier League. The Citizens memang tengah menyiapkan sebuah mega proyek demi membuat skuad besar yang berisikan pemain-pemain bintang.

Dilansir Daily Mail, tim asuhan Manuel Pellegrini itu telah menyiapkan dana segar senilai £100 juta (setara Rp2 triliun) untuk bisa mendaratkan Suarez ke Etihad Stadium. Suarez memang memiliki catatan cukup kala bermain di ranah Inggris.

Akan tetapi, ManCity memiliki halangan untuk bisa mendapat jasa dari Suarez. Sebab, Suarez sudah merasa kesal dengan media-media Inggris yang selalu menyudutkannya, dan menuliskan berita kebohongan soal dirinya.

Terbaru, media-media di Inggris lebih memberitakan Suarez yang akan menggigit pemain Manchester City, Martin Demichelis. Ketimbang 2 golnya, yang berhasil membawa Barca menang 2-1 atas The Citizens di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

"Dia (Demichelis) yang melayangkan lengannya ke arah tenggorokan saya," kata Suarez kepada radio Uruguay, Sport890. Suarez menyebut publik Inggris masih sakit hati karena dia menjadi biang kegagalan Inggris di Piala Dunia 2014, di mana Suarez membawa Uruguay menang 2-1.

"Tampaknya mereka (media Inggris)  ingin membuat masalah, banyak masalah. Mereka pasti tak terima atas apa yang sata lakukan di Piala Dunia. Tapi mereka lupa, saya pernah main di Inggris. Jadi, seharusnya mereka menunjukkan sedikit hormat pada saya,” sambungnya.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Baca Juga:

Tekuk Spurs, Chelsea Juara Piala Liga 2014-15

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

Terungkap, Makanan Ini Sempat Bikin Messi Melempem

Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016