Ini Laporan AFC kepada PSSI Usai Inspeksi 3 Klub ISL

Ketua PSSI Djohar Arifin (kiri) dan Sekjen Joko Driyono
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A
VIVA.co.id – Delegasi AFC telah melakukan inspeksi kepada tiga klub Indonesia Super League (ISL), yang mendapat nilai terbaik saat club licensing PSSI pada 2014, Persipura Jayapura, Arema Cronus, dan Persib Bandung. Laporan awal pun sudah mereka sampaikan kepada PSSI.
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

Bertempat di Kantor PSSI, Sabtu 28 Februari 2015, Rombongan AFC terdiri dari tiga orang yakni Mahajan Vasuden Nair, Kevin Ong, dan Jose Marcelino Z Carpio bertemu dengan perwakilan dari PSSI dan PT Liga Indonesia. 

Sekjen PSSI, Joko Driyono, yang hadir pada pertemuan tersebut, mengatakan bahwa AFC baru akan membeberkan hasil verifikasi setelah meeting di Kuala Lumpur. Pasalnya, mereka akan lebih dulu melakukan kompilasi terhadap segala catatan yang diperoleh selama di Indonesia. 
Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

"Namun, report awal sudah disampaikan. Pada dasarnya, ini merupakan proses panjang dari rencana AFC perihal lisensi bagi klub-klub yang tampil di Liga Champions Asia. Dan mereka melakukan cek kepada Persipura, Arema, dan Persib," kata Joko saat dihubungi VIVAbola.

AFC sendiri memberi apresiasi, seperti Arema yang dinilai bagus dalam hal youth development. Lokasi Jayapura yang jauh di Indonesia bagian timur dan Stadion Si Jalak Harupat yang cukup jauh dari pusat kota Bandung juga masuk ke dalam catatan AFC.

"Namun memang, saat kedatangan delegasi AFC, Arema dalam kondisi well-prepared. Berbeda dengan Persipura dan Persib yang kemarin tengah sibuk melakoni pertandingan di AFC Cup," kata Joko, yang juga merupakan CEO PT Liga Indonesia.

"Kami tak dalam posisi untuk membanding-bandingkan, karena nantinya ini juga menjadi pekerjaan bagi PSSI. Pada intinya, tidak mudah bagi klub-klub untuk mendapat lisensi (untuk tampil di Liga Champions)," sambung pria asal Ngawi tersebut.

Adapun AFC sudah memberlakukan lisensi kepada klub-klub mulai tahun ini. Namun, Persib dan Persipura, yang musim ini berkompetisi di AFC Cup, dipastikan aman, mengingat lisensi tersebut hanya bagi klub-klub yang tampil di Liga Champions Asia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya