PT Liga Akui Banyak Klub ISL Tidak Taat Pajak

Launching ISL 2015
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id - PT Liga Indonesia baru saja menggelar workshop perpajakan di Hotel Park Lane pada Jumat 27 Februari 2015. Workshop ini digelar agar 18 klub ISL memahami pentingnya pajak dalam sepakbola Indonesia.

Direktur Keuangan PT Liga, Kokoh Afiat, menuturkan beberapa klub ISL masih belum paham betul mengenai sistem perpajakan dalam sepakbola Indonesia. Diharapkan, lewat workshop ini, 18 klub peserta bisa memenuhi kewajiban pajak secara detail.

"Sebenarnya sosialisasi sudah sering dilakukan di manager meeting. Workshop ini sifatnya pendalaman," kata Kokoh saat ditemui VIVA.co.id.

Persib Dukung Penuh Rencana PT Liga Gelar ISC

Pajak memang menjadi bahasan menarik di sepakbola Indonesia belakangan ini. Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) mempertanyakan dokumen pajak dari klub-klub ISL.

Menurut BOPI, banyak klub ISL yang belum memenuhi kewajiban pajak di Indonesia. Hal inilah yang membuat kick-off ISL harus ditunda sampai 4 April 2015.

"Workshop ini sebenarnya bukan tindak lanjut dari permintaan BOPI. Kami memang sudah merancangnya sejak lama. Kami undang juga konsultan pajak," ujar pria berkacamata tersebut.

Di workshop tadi, klub-klub diberikan pengarahan mengenai sistem pembayaran pajak di Indonesia. Kokoh meminta agar 18 klub bisa menaati aturan pajak di Indonesia.

"Klub harus berani peringatkan pemain untuk buat NPWP. Selain itu, klub juga harus berani memotong gaji pemain untuk pajak. Klub juga harus bayar pajak. Kalau tidak, itu kan berdampak pada bisnis mereka," jelas Kokoh.

Sementara itu, sekretaris Persebaya Surabaya, Rahmat Sumanjaya, mengaku senang dengan workshop pajak yang digelar PT Liga. Rahmad mengungkapkan pihaknya juga sempat luput dari pembayaran pajak di beberapa hal.

"Kalau PPH, PPN, lalu pajak pemain, kami bayarkan. Tapi, ada beberapa pajak yang kami luput. Nah, workshop ini sangat berguna bagi kami. Kalau kami disalahkan, ya tak bisa. Sepakbola Indonesia masih awam tentang hal-hal seperti ini," tutur Rahmad.

Workshop pajak PT Liga berlangsung sejak pukul 14.00 WIB hingga 18.00 WIB. Workshop ini dihadiri oleh seluruh Direktur Keuangan dan beberapa pengurus 18 klub ISL.

![vivamore="Baca Juga :"]

Menpora Berharap Piala Kemerdekaan Bergulir Sebelum Ramadhan

Babak 32 Besar Europa League Usai, 8 Fakta Menarik Tercipta

Respons Kemenpora Terhadap Putusan Sela PTUN

Rasis, Fans Feyenoord Lempar 'Pisang' Raksasa ke Lapangan

Lovren Jadi Biang Kegagalan Liverpool, Ini Kata Rodgers

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya