Profil Klub ISL 2015: Persipura Dinaungi Mitos Tahun Ganjil

Skuad Persipura Jayapura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
VIVA.co.id -
Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura
Persipura Jayapura musim lalu harus gigit jari, padahal sudah hampir memastikan gelar juara Indonesia Super League (ISL). Tapi, "Mutiara Hitam" saat ini dihadapi musim ganjil yang merupakan tahun-tahun keberuntungan mereka.

Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Di musim 2014, Persipura nyaris meraih gelar juara ISL keempat mereka. Namun, wakil Papua itu akhirnya harus menyerah dari Persib Bandung pada laga final babak delapan besar lewat drama adu penalti.
Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa


Menjelang ISL musim ini, status unggulan tetap menjadi milik Persipura meski terjadi perubahan di posisi pelatih kepala. Jacksen F Tiago sudah hengkang ke Liga Malaysia, digantikan oleh asistennya, Osvaldo Lessa.

Persipura tidak ingin terlena dan ikut memugar skuadnya, meski tetap mempertahankan sebagian besar pemain lamanya. Riccardo Salampessy kembali setelah musim lalu memperkuat Persebaya Surabaya. Selain itu, pemainĀ  muda berbakat, Zulham Zamrun, juga ikut merapat ke Stadion Mandala.


Dari sisi legiun asing, tim berkostum merah-hitam itu masih mempertahankan Lim Jook-sik dan Robertino Pugliara yang beroperasi di lini tengah. Sementara Lancine Kone jadi andalan baru di sektor depan.


Sebenarnya masih ada nama Bio Paulin dalam skuad Persipura. Namun, pria asal Kamerun itu masih tanda tanya nasibnya karena menunggu hasil naturalisasi yang sedang berjalan. Pasalnya, PT Liga Indonesia sekarang memangkas kuota pemain impor jadi tiga pemain saja.


Selama pramusim kemarin, penampilan Persipura dinilai masih belum maksimal. Di Surya Citra Media (SCM) Cup, Boaz Solossa cs kalah dari Persela Lamongan 0-1 lalu dibantai Arema Cronus 1-4. Mereka hanya bisa menang atas Mitra Kukar (4-1).


Namun, performa Persipura mulai memikat saat tampil di laga pembuka AFC Cup hari Selasa, 24 Februari 2015, kemarin. Meski kondisi belum "panas" akibat mundurnya ISL, Persipura berhasil menang 3-1 atas Warriors FC.


Musim ganjil juga menjadi sebuah tanda yang positif buat klub yang berdiri pada 1963 tersebut. Tiga gelar juara ISL berhasil mereka rebut setiap musim ganjil berjalan (2008-09, 2010-11, dan 2012-13). Satu gelar Liga Indonesia (2005) dua kali juara Perserikatan (1979 dan 1993) semuanya diraih pada tahun ganjil.


Apakah keberuntungan tahun ganjil akan kembali jadi milik Persipura? Kita nantikan saja aksi "Mutiara Hitam" saat ISL bergulir yang rencananya pada awal April 2015 nanti.


Data tim:

Nama Lengkap : Persatuan Sepak Bola Indonesia Jayapura

Julukan : Mutiara Hitam (Black Pearl)

Didirikan : 1 Mei 1963

Stadion : Stadion Mandala Jayapura

Kapasitas : 30.000

Pelatih : Oswaldo Lessa

Kapten tim : Boaz Salossa


SUSUNAN PEMAIN:

Kiper: Dede Sulaiman, Euneke Pahabol, Selsius Gebze, Ferdiansyah


Bek: Roni Beroperay, Fandry Imbiri, Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi, Daniel Tata, Yustinus Pae, Andri Ibo, Dominggus Fakdawer, Yohanis Tjoe, Jaelani Arey


Tengah: Izaac Wanggai, Gerald Pangkali, Zulham Zamrun, Lim Joon-Sik, Robertino Pugliara, Immanuel Wanggai, Nelson Alom, Lancine Kone, Muhammad Tahir


Depan: Ian Louis Kabes, Yohanes Pahabol, Ricky Kayame, Christovel Sibi, Fredy Isir, Lukas Mandowen, Boaz Salossa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya