Hina Kaum Difabel, Fans West Ham Dilaporkan ke FA

Suporter West Ham
Sumber :
  • Metro.co.uk
VIVA.co.id
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
- Mantan pemain Irlandia, Kevin Kilbane, melayangkan protes kepada FA atas sikap fans West Ham yang dianggap telah menghina penderita difabel saat The Hammers bertandang ke markas Tottenham Hotspur, Minggu lalu. Kilbane berang karena putrinya yang kini berusia 10 tahun juga seorang penderita down syndrome.

Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland

Menurut Metro.co.uk, Kilbane menjadi komentator saat West Ham bermain imbang 2-2 melawan Spurs. Awalnya dia tidak mengetahui peraku buruk fans The Hammers. Dia baru sadar saat temannya mengadukan insiden itu. Menurut sahabatnya, selama laga fans The Hammers bernyanyi,"Harry Kane seperti seorang * dan bermain seperti itu juga".

Selain Kilbane, salah seorang warga juga melayangkan protes ke FA atas nyanyian bernada anti-semit yang diteriakkan fans West Ham saat berada di gerbong kereta.

"Saya yakin mereka paham mereka telah melakukan pelanggaran. Anda tidak bisa mengabaikannya dan melabelinya sebagai kebodohan. Itu jelas tampak jelas sekali seperti sikap rasis dan hal itu dimaksudkan untuk menyebabkan pelanggaran," kata Kilbane yang juga dikenal aktif dalam badan amal, Asosiasi Down Syndrome.

"Saya ingin sekali membawa anak-anak saya menyaksikan pertandingan dan saat Elsie mulai dewasa dia akan mengerti kondisinya dan saya tidak ingin dia mendengar nyanyian seperti itu. Jika kakaknya Isla mendengar itu, dia akan hancur juga, seperti apa yang telah dialami oleh anak teman saya," sambung mantan pemain Everton itu.

Kilbane mengaku sedih mendengar laporan temannya. "Saya bicara kepadanya dan dia sangat sedih dan saya merasa perlu untuk melaporkannya. Tidak ada keluarga yang seharusnya dipersiapkan untuk menghadapi kejadian seperti itu," beber Kilbane.

"Itu sangat jelas dan sedihnya itu muncul dari mayoritas fans West Ham di lapangan. Ini bukan ulah dari segelintir orang," sambung pria berusia 38 tahun tersebut.

Insiden ini tentu saja mencoreng wajah West Ham. Padahal sebelumnya, banyak yang memuji sikap pendukung The Hammers saat membantu penumpang kulit hitam memasuki kereta yang mereka tumpangi.  Sikap ini bertolak belakang dengan fans Chelsea yang justru mengusir penumpang kulit hitam dalam perjalanan menuju ke markas Paris Saint Germain. (ren)

Baca juga:

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

Kemenpora: Ini Bukan soal Menang atau Kalah

Jamu Barcelona, ManCity Incar Kemenangan Clean Sheet

Barcelona Waspadai Pemain Spanyol Milik ManCity

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya