Tito Vilanova Diabadikan Jadi Nama Lapangan Barcelona

Pelatih Barcelona, Tito Vilanova
Sumber :
  • REUTERS/Marcelo del Pozo

VIVA.co.id - Barcelona secara resmi memberi nama lapangan latihan tim di Ciudad Deportivo dengan nama Tito Vilanova, mantan pelatih Barcelona yang meninggal karena kanker, tahun lalu.

Dilansir laman olahraga Spanyol, Marca, acara peresmian digelar Jumat lalu dengan dihadiri Presiden Klub Josep Maria Bartomeu, keluarga Vilanova serta sebagian besar skuad Barcelona.

"Saya yakin Tito akan mengatakan tidak pantas menerima kehormatan ini. Tapi, hal terbaik yang bisa kita lakukan kepada seseorang tercinta yang telah tiada adalah dengan mengenangnya," kata istri Vilanova, Montse Chaure.

"Dia suka lapangan ini. Dia selalu mengatakan sebuah keistimewaan bisa mengerjakan sesuatu yang disenangi, yaitu melatih. Dia suka dengan seluruh pemain Barca," lanjutnya.

Upacara penghormatan Tito Vilanova
Upacara penghormatan Tito Vilanova

Sementara itu, dalam acara ini, Bartomeu berterima kasih kepada keluarga Vilanova yang setuju dengan usulan klub memberi nama Vilanova untuk lapangan latihan. Dia menilai, Vilanova telah membawa Barca melakukan lompatan besar.

"Memenangi La Liga dengan 100 poin pada 2013 adalah sebuah rekor. Kami tahu, dengan menyematkan namanya di lapangan ini, maka di masa depan, semua orang akan selalu tahu dan mengenang sosok ini."

Vilanova mengawali karier dengan melatih Barca B. Selanjutnya, dia menjadi asisten Pep Guardiola kala membawa Barcelona berjaya. Vilanova jadi pelatih kepala Barca saat Guardiola mundur pada 2012.

Namun, Vilanova mundur dari jabatan pelatih Barcelona pada Juli 2013 karena tak sanggup lagi menjalani tugas karena menderita kanker. (one)

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Baca juga:

Hasil Lengkap Laga Sepakbola Eropa Semalam

ISL 2015 Baru Bisa Bergulir April Mendatang

Benci Tapi Cinta Liverpool pada 'Si Bengal' Balotelli

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016