Comeback CR7 Antar Satu Kaki Madrid ke Perempatfinal UCL

Cristiano Ronaldo usai pertandingan antara Schalke 04 dan Real Madrid
Sumber :
  • REUTERS/Ina Fassbender
VIVA.co.id -
Real Madrid Dapat Kabar Gembira dari Ronaldo
Real Madrid meraih hasil positif di leg 1 babak 16 besar Liga Champions. Melawan Scahlke 04 di Veltins Arena, Kamis 19 Februari 2015 dini hari WIB, Madrid sukses menang dengan skor 2-0.

Jawaban Pogba Membuat Real Madrid Batal Merekrutnya

Dengan hasil ini, Madrid sudah menjejakkan satu kakinya di babak perempat final. Ya, hasil 2-0 memang sangat menguntungkan Madrid.
Pogba Catat Rekor, Ini Daftar 10 Pemain Termahal Dunia


Los Blancos hanya butuh hasil imbang 0-0 pada pertemuan kedua nanti yang digelar di Santiago Bernabeu, 10 Maret 2015, untuk lolos ke perempat final. Andai kalah dengan skor 0-1, Madrid tetap lolos.

Meski begitu, Marcelo, yang menyumbang satu gol kemenangan Madrid atas Schalke, menyatakan timnya belum bisa berpesta. Marcelo meminta kepada rekan-rekannya untuk tetap fokus.

Dia khawatir Schalke akan memberi kejutan kepada Madrid di leg 2 nanti. Jika Schalke bisa menang 2 gol tanpa balas di Bernabeu, maka pemenang harus ditentukan lewat babak perpanjangan.

Namun, tak mudah bagi The Royal Blues untuk mewujudkan misi tersebut. Sejak format gol tandang diperkenalkan, ada 336 pertandingan di kompetisi Eropa di mana berakhir dengan skor 0-2 di leg pertama. Hanya ada 9 tim yang bisa melakoni comeback (3 persen).


"Di Liga Champions semua bisa terjadi. Kami memiliki kerendahan hati dan tahu kami harus bekerja untuk memenangkan pertandingan. Kami punya keuntungan besar dengan keunggulan dua gol, tapi belum ada yang diputuskan," kata Marcelo seperti dilansir AS.


"Laga di Santiago Bernabeu akan sangat sulit. Tapi, kami harus percaya dan mencoba membalikkan (keadaan)," ucap pelatih Schalke, Roberto Di Matteo.


Marcelo mengungkapkan, target utama Madrid di Liga Champions musim ini adalah tampil di partai final. Selanjutnya, mereka akan berjuang demi mencetak rekor sebagai tim pertama yang merebut gelar Liga Champions secara back to back.


"Madrid harus selalu pergi menunju akhir (final) dan kami sudah berada di jalurnya," tutur bek berambut kribo tersebut.


Ada rekor yang dibuat Madrid dalam kemenangannya atas Schalke. Pertama, Madrid sudah memenangkan 7 dari 8 pertandingan melawan tim Jerman di Liga Champions.


Mereka juga sudah menyamai rekor Bayern Munich di 2013, menang di 10 laga Liga Champions secara beruntun. Dan kemenangan atas Schalke membawa Madrid mencatatkan diri menjadi tim yang menorehkan kemenangan 100 persen di Liga Champions musim ini.


CR7 Kembali dan Cetak Banyak Rekor


Kemenangan Madrid atas Schalke sebenarnya tak terlepas dari peran Cristiano Ronaldo. Di duel tersebut, Ronaldo memang tampil trengginas. Dia mencetak satu gol dan menyumbang sebiji assist untuk Marcelo.


Penampilan Ronaldo semalam telah cukup membuktikan bahwa performanya telah kembali ke level tertinggi. Seperti diketahui, CR7 absen mencetak gol di 3 laga secara beruntun.


Pelatih Madrid, Carlo Ancelotti, secara khusus memuji penampilan anak kesayangannya itu. Don Carletto juga menyatakan sudah memprediksi masa paceklik gol Ronaldo tidak akan berlangsung dalam waktu yang lama.


"Cristiano bermain bagus. Dia mencetak gol dan menciptakan assist. Dia telah kembali," ujar Ancelotti seperti dikutip situs resmi klub.


"Tim tak panik ketika Cristiano gagal mencetak gol di satu atau dua pertandingan. Semua orang tahu jika dia tak mencetak gol di satu atau dua pertandingan, maka dia akan melakukannya di laga selanjutnya," sambungnya.


Tak hanya mengakhiri masa paceklik gol, Ronaldo ternyata telah membuat rekor lain di laga semalam. Golnya ke gawang Schalke adalah yang ke-76 di kompetisi Eropa. Itu berarti, dia menyamai rekor Raul Gonzales dan Lionel Messi.


Selain itu, Ronaldo juga sudah mencetak 58 gol dari 58 caps bersama Les Merengues di Liga Champions. Pria 30 tahun tersebut ternyata juga menjadi pemain yang paling subur di fase gugur Liga Champions.


Tercatat, Ronaldo sudah mencetak 35 gol di fase gugur Liga Champions. Dan seluruh gol itu dicetaknya di 11 kota di 7 negara berbeda.


Ronaldo juga menjadi satu-satunya pemain yang meraih 14 kemenangan beruntun di Liga Champions. Selain itu, dia juga melampaui prestasi Edwin van der Sar dan Victor Valdes dengan menjadi pemain pertama yang meraih 28 kemenangan di fase gugur Liga Champions.


Satu-satunya Tim yang Menang


Yang menarik dari leg 1 babak 16 besar Liga Champions adalah hasil akhir pertandingan. Sejauh ini, Madrid menjadi satu-satunya tim yang meraih kemenangan.


Sedangkan, kontestan lain harus meraih hasil imbang. Paris Saint Germain harus legowo ditahan imbang Chelsea di Parc des Princes, Rabu 19 Februari 2015. PSG harus tertinggal lebih dulu lewat gol Branislav Ivanovic di menit 36. Kemudian, Edinson Cavani menyamakan skor di menit 54.


Lalu, Bayern Munich gagal membobol gawang Shakhtar Donetsk. Kedua tim mengakhiri laga dengan skor kacamata. Dan yang terakhir, laga antara FC Basel kontra FC Porto berakhir dengan skor 1-1.


Pelatih Porto, Julen Lopetegui, angkat bicara soal hasil yang muncul di leg 1 babak 16 besar. Menurutnya, hasil imbang yang diraih kebanyakan tim bisa dibilang wajar.


"Di babak 16 besar Liga Champions, semua pertandingan itu sulit. Dan kami sudah menunggu untuk menghadapi kesulitan-kesulitan seperti ini," kata Lopetegui.


"Sebenarnya Porto layak mendapatkan hasil lebih. Basel mencetak gol lewat satu-satunya tendangan tepat sasaran," sambungnya.


Masih ada 4 laga di leg 1 babak 16 besar Liga Champions pekan depan. Manchester City harus berhadapan kembali dengan Barcelona yang selalu menjegal mereka di beberapa musim belakangan.


Kemudian ada Juventus yang bertemu dengan Borussia Dortmund. Arsenal akan menjamu AS Monaco di Emirates Stadium. Ini akan menjadi laga spesial bagi manajer Arsene Wenger mengingat Monaco merupakan mantan klubnya.


Terakhir, adalah duel antara Bayer Leverkusen kontra Atletico Madrid. Babak 16 besar selalu menyisakan cerita dan kejutan. Dan hasil yang diraih di leg 1 belum tentu menjadi garansi suatu tim bakal lolos ke perempatfinal. Kira-kira kejutan apa yang akan tersaji di musim ini? Patut dinantikan.


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya