Calon Pemain Persib Pernah Bikin Kaka Diusir Wasit

Abdul Kader Keita
Sumber :
  • www.nytimes.com

VIVA.co.id - Nama Abdul Kader Keita sempat mencuat di Piala Dunia 2010. Bukan karena aksinya yang gemilang, namun karena 'penipuan' yang telah dilakukannya sukses membuat pemain timnas Brasil, Kaka, diusir dari lapangan pertandingan.

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

Kisahnya bermula saat Pantai Gading tengah berhadapan dengan Brasil di babak penyisihan Grup G, 20 Juni 2010. Saat itu, Pantai Gading tertinggal 1-3 dari Tim Samba.

Pada menit ke-88, kericuhan tiba-tiba mewarnai jalannya pertandingan. Para pemain dari kedua tim terlibat aksi saling dorong di lapangan. Sejumlah pemain berusaha menenangkan situasi, termasuk Didier Drogba yang menjadi kapten Pantai Gading.

Awalnya tidak jelas apa yang menyebabkan pemain-pemain dari kedua tim  bersitegang. Belakangan diketahui bahwa, para pemain Pantai Gading ternyata berusaha mengejar Kaka usai melihat salah seorang rekannya tergeletak di lapangan.

Keita, tampak mengerang kesakitan sembari memegangi wajahnya. Rekan-rekannya menanggap, Kaka telah menyikut wajahnya saat kedua pemain berbenturan.

Wasit Stéphane Lannoy asal Prancis juga terpengaruh. Dia langsung mencabut kartu kuning dan mengarahkannya kepada Kaka. Ini merupakan kartu kuning kedua yang diberikannya kepada pemain yang kala itu masih berseragam Real Madrid tersebut.

Kaka tidak terima. Dia berusaha protes karena merasa tidak menyikut Keita. Dia bahkan menjadi korban dalam insiden ini setelah ditabrak dari belakang oleh Keita. Namun tentu saja protes Kaka tidak digubris dan dia harus meninggalkan lapangan.

Protes Kaka memang sangat beralasan. Sebab dalam tayangan ulang jelas terlihat bahwa Keita-lah yang menabraknya dari belakang. Saat benturan terjadi, Kaka memang terlihat mengangkat sikunya dan mengenai dada Keita. Namun yang terjadi, Keita justru memegang wajahnya seakan-akan baru saja disikuti di bagian kepala.

Sandiwara yang dilakukan Keita tentu saja menuai kecaman dari banyak pihak. Bahkan wartawan-wartawan peliput Piala Dunia 2010 menjulukinya sebagai momen terburuk Piala Dunia. Keita pun masuk dalam daftar 2010 World Cup Infamous 11, sebagai salah satu pemain terburuk yang tampil pada pesta akbar empat tahunan tersebut.

Di Indonesia, nama Keita kini kembali mencuat setelah pemain yang sudah berusia 33 tahun itu  digadang-gadang akan memperkuat jawara ISL 2014, Persib Bandung. Meski belum membubuhan tanda tangan di lembar kontrak, Keita kabarnya telah didaftarkan oleh sang agen ke PT Liga Indonesia selaku pihak penyelenggara ISL.

Lihat berita lengkap perburuan Persib terhadap Keita pada tautan ini.

Baca juga:

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Courtois Vs Cech, Siapa yang Lebih Baik?

Mourinho: Madrid dan Bayern Bukan Favorit di Liga Champions

Terkait Sepakbola Nasional, PSSI Kirim Surat untuk Presiden

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya