Pelatih-pelatih Eks Timnas Coba Peruntungan di ISL

Pelatih Alfred Riedl Latihan Bersama Timnas Jelang Lawan Filipina
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Wajah-wajah lama masih menghiasi bangku pelatih tim-tim Indonesia Super League (ISL) musim 2015 mendatang. Namun, ada 2 wajah baru yang cukup menarik.

Mereka adalah Indra Sjafri dan Alfred Riedl. Kehadiran kedua pelatih yang pernah membesut tim nasional ini menambah daftar peracik strategi Timnas di ISL.

Total, ada lima nama yang pernah menjadi pelatih timnas Indonesia. Sebelumnya ada nama Benny Dollo, yang kini melatih Sriwijaya FC, dan Rahmad Darmawan, pelatih kepala Persija Jakarta.

Keduanya adalah sosok yang bolak-balik masuk Timnas. Bendol menjadi salah satu pelatih timnas di awal 2000-an, lalu sempat kembali dipercaya pada 2008 sampai 2010.

Sedangkan RD pertama kali dipercaya menjadi pelatih Indonesia sejak SEA Games 2011 bersama tim U-23. Setelah itu, eks pelatih Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC ini sempat membesut timnas senior bersama Jacksen F Tiago di kualifikasi Piala Asia pada 2014 kemarin.

Selain itu, ada nama Nil Maizar yang menjadi arsitek timnas pada masa-masa PSSI dirundung dualisme. Pria yang kembali melatih Semen Padang itu sempat tampil di Piala AFF 2012, namun gagal dan mentok di fase grup.

Dua nama terakhir adalah Indra Sjafri dan Riedl. Kedua pelatih ini baru saja menandatangani kontrak dengan Bali United Pusam dan PSM Makassar. Ini akan jadi musim pertama keduanya membesut klub ISL.

Indra dalam posisi menganggur usai kontraknya dengan timnas U-19 diputus oleh PSSI, usai kegagalan di Piala Asia akhir tahun lalu. Tetapi, Bali United akhirnya merekrut pelatih yang membesarkan Evan Dimas cs itu di awal Desember 2014.

Sedangkan kehadiran Riedl untuk membesut PSM lebih mengejutkan lagi. Setelah sempat menyatakan akan istirahat dari sepakbola usai kegagalan di Piala AFF 2014, pelatih asal Austria itu akhirnya merapat ke "Juku Eja".

Kehadiran Riedl dan Indra diharapkan bisa mengembalikan euforia sepakbola publik Makassar juga Bali, seperti yang dilakukannya ketika membesut timnas Indonesia di Piala AFF 2010 dan Piala AFF U-19 2013 silam.

Selain pelatih lokal, ada juga dua pelatih asing yang memiliki level tim nasional. Mereka adalah Dejan Antonic, pelatih Pelita Bandung Raya yang pernah menjadi pelatih timnas Hong Kong, dan juga Scott Cooper, eks pelatih timnas Inggris U-15 yang sekarang melatih Mitra Kukar. (one)

Kalah dari PSM, Pelatih Gresik United Amuk Wasit

Baca Juga:

RD Kongo Rebut Peringkat 3 Piala Afrika 2015

Atletico Hancurkan Madrid di Vicente Calderon

Sambil Acroyoga, Eks Kapten Barca Cium Mesra Sang Kekasih

Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016