Deretan Pemain ISL 2015 dengan Nilai Kontrak Fantastis

Eric Djemba-Djemba
Sumber :
  • guim.co.uk

VIVA.co.id - Musim lalu, sejumlah klub yang berlaga di Liga Super Indonesia (ISL) bermasalah dengan finansial sehingga kesulitan melunasi gaji para pemainnya. Namun, situasi ini tak membuat mereka jera untuk mendatangkan pemain dengan nilai kontrak mahal.

Kontra Bali United, Momen 'Penebusan Dosa' Bagi Arema

Musim ini, deretan pemain dengan kontrak mencapai Rp1 miliar masih bertebaran. "Pemain yang ada di kisaran Rp1 miliar itu rata-rata pemain asing," kata Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigorshalom Boboy, di kantor PSSI, Jakarta, Rabu 4 Februari 2015 malam.

"Pemain berlabel Timnas tak sampai segitu. Saya belum lihat lagi datanya. Tapi, nilai yang diumbar manajemen tim ke publik tidak sepenuhnya benar," sambungnya.

Bonek 'Sulap' Stadion di Jakarta Bak Markas Sendiri

Beberapa waktu lalu, agen Francis Yonga mengungkapkan kontrak bek Arema, Victor Igbonefo, mencapai Rp2 miliar. Namun, CEO Arema, Iwan Budianto, menepis pernyatan Yonga. Dia menyebut di musim ini tak ada pemain yang nominal kontraknya lebih dari Rp1,5 miliar.

Klub ibukota juga jor-joran dalam membeli pemain musim ini. Persija yang masih memiliki tunggakan gaji pemain membeli 3 pemain dengan kontrak menyentuh angka Rp1 miliar, yakni Stefano Lilipaly, Martin Vunk, dan Yevgeny Kabaev. Sedangkan Persebaya yang bernasib sama, juga mendatangkan mantan pemain Manchester United, Eric Djemba-Djemba.

Harga Djemba-Djemba juga tidak murah. Manajer Persebaya, Sulaiman 'Gendhar' Hary, menyatakan banderol gelandang asal Kamerun itu lebih dari Rp1,5 miliar.

Mitra Kukar juga tak mau kalah. Naga Mekes merekrut dua pemain jebolan La Liga, Jorge Gotor dan Cristobal Marquez Crespo. Belakangan, Crespo dicoret karena mengalami patah kaki di uji coba. Kini, tinggal Gotor yang masih bertahan di Mitra Kukar.

Berikut deretan pemain dengan nilai kontrak fantastis versi Transfermarkt:

Wagub DKI: Kalau Bonek Mengganggu, Kami Tindak Tegas

-Yevgeny Kabaev dan Martin Vunk (Persija Jakarta)
Dua pemain ini, menurut Transfermarkt, harganya mencapai Rp9 miliar. Mengacu pada pernyataan PT Liga, kemungkinan besar banderol Kabaev dan Vunk maksimal hanya mencapai angka Rp3 miliar.

-Stefano Lilipaly (Persija Jakarta)
Presiden Persija, Ferry Paulus, sempat menyatakan nilai transfer Lilipaly tak jauh dari taksiran Transfermarkt. Jika dirunut, berarti harga Lilipaly berada di kisaran Rp1,6 miliar atau di bawahnya.

-Eric Djemba-Djemba (Persebaya Surabaya)
Berstatuskan mantan pemain MU, nilai kontrak Djemba-Djemba disebut-sebut sebagai yang tertinggi di Indonesia. Manajer Persebaya, Gendhar, sebelumnya menyebutkan kontrak Djemba-Djemba di atas Rp1,5 miliar.

-Jorge Gotor (Mitra Kukar)
Gotor adalah salah satu pemain spesial di ISL musim depan. Dia merupakan salah satu jebolan La Liga Spanyol. Pemain yang berposisikan sebagai bek tengah ini pernah merumput bersama Real Zaragoza. Rekor banderol pemain kelahiran 14 April 1987 ini adalah Rp3,4 miliar.

-Victor Igbonefo (Arema Cronus)
Dia disebut-sebut menjadi pemain termahal ISL musim 2015. Harga Victor sempat diklaim mencapai angka Rp2 miliar. Namun, manajer Arema, Iwan Budianto, menyatakan nilai kontrak pemainnya di musim 2015 tak ada yang menyentuh angka Rp1,5 miliar.

Victor Igbonefo

-Fabiano Beltrame (Arema Cronus)
Harga Fabiano ditaksir mencapai angka Rp1,75 miliar. Namun, tak ada data resmi yang menyebutkan berapa nilai kontrak Fabiano sebenarnya.

-Greg Nwokolo (Persija Jakarta)
Musim lalu, Greg sempat menyandang pemain termahal ISL. Nilai kontraknya mencapai angka Rp1,8 miliar. Dengan pindah ke Persija, kontrak Greg diperkirakan mengalami penurunan. Taksirannya, pemain naturalisasi asal Nigeria ini punya banderol sekitar Rp1,5 M. (one)

Baca juga:

Perjuangan "Messi" Indonesia di Tanah Belanda

5 Pemain Hasil "Pembelian Panik" di Bursa Transfer Januari

5 Pemain Ini Hanya "Beberapa Hari" Berada di Suatu Klub

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya