Daftar Bintang Piala Dunia yang Pernah Tampil di Indonesia

Skuat Pelita Jaya Jakarta pada laga pembukaan Liga Indonesia I
Sumber :
VIVA.co.id -
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak
Sepakbola Indonesia akan kembali kedatangan pemain kelas Piala Dunia pada Indonesia Super League (ISL) musim 2015. Tetapi ini bukan kali pertama sejak Liga Indonesia bergulir di era 1990-an.


Eric Djemba-Djemba akhirnya resmi merapat ke Persebaya Surabaya pada hari Selasa kemarin, 3 Februari 2015, usai mencicipi India Super League. Mantan pemain Manchester United ini disebut transfer paling bergengsi musim ini.
Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong


Tapi, bukan kali pertama Indonesia bakal dihiasi pemain kelas top dunia. Berikut nama-nama pemain asing yang pernah tampil di Piala Dunia sebelum merapat ke Indonesia. Berikut rangkumannya, versi
VIVAbola
:


Roger Milla (Kamerun)

Menjadi pemain bintang sepakbola dunia pertama yang merapat ke Liga Indonesia, tepatnya pada edisi pertama tahun 1994-95. Milla hadir di Indonesia berstatus bintang Piala Dunia pada tahun 1982, 1990, dan 1994. Setelah menjadi pencetak gol tertua di Piala Dunia (42 tahun), Milla pun merapat ke Pelita Jaya dan setelah itu sempat gabung Putra Samarinda.


Maboang Kessack (Kamerun)

Salah satu gelandang serang terbaik milik Kamerun dan pernah tampil di Piala Dunia 1990 dan 1994. Pemain yang membela Pelita Jaya pada 1997-98 ini sekarang sedang mengincar posisi ketua umum Asosiasi Sepakbola Kamerun (FECAFOOT).


Mario Kempes (Argentina)

Pemain berjuluk El Toro ini merapat ke Pelita Jaya pada 1999 dan berhasil mencatatkan 10 gol dalam 15 pertandingan. Kempes datang ke Indonesia berstatus juara Piala Dunia 1978.


Amaral (Brasil)

Pemain yang satu ini merupakan salah satu pilar Timnas Brasil pada era 1990-an. Amaral pernah tampil di Liga Indonesia bersama Manado United dan Persebaya 1927 di pentas Liga Primer Indonesia (LPI), setelah sebelumnya membela beberapa klub top macam Benfica, Parma, dan Fiorentina.


Pierre Njanka (Kamerun)

Menjadi salah satu pilar penting di lini belakang Kamerun pada era 1990-an sampai awal 2000-an. Njanka pernah bermain dengan Kamerun pada Piala Dunia 1998 dan 2002. Sempat membela Persija Jakarta, Putra Samarinda, dan Arema Cronus di Liga Indonesia.


Ivan Bosjnak (Kroasia)

Striker asal Kroasia ini datang ke Persija dengan status pemain eks Piala Dunia 2006, padahal cuman bermain empat menit di laga kontra Jepang. Penampilannya bersama Persija pun jauh dari kata memuaskan dengan empat gol dari 14 laga, sebelum akhirnya dilepas pada akhir musim 2014.


Eric Djamba-Djemba (Kamerun)

Eks gelandang Manchester United ini sempat disebut akan jadi bintang masa depan di Old Trafford. Djemba-Djemba juga pernah tampil di Piala Dunia 2002 bersama Kamerun, namun gagal bersinar di Inggris. Sempat menjajal karir di Eropa dan Timur Tengah, pemain 33 tahun itu akhirnya merapat ke Persebaya Surabaya jelang musim 2015 bergulir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya