Tanpa Dua Bintang, Bagaimana Nasib Chelsea Hadapi ManCity?

Dua pemain Chelsea, Diego Costa dan Cesc Fabregas
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh
VIVA.co.id -
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
Chelsea akan menghadapi Manchester City dalam lanjutan Premier League, hari ini, Sabtu 31 Januari 2015, tanpa dua pemain kunci mereka Diego Costa dan Cesc Fabregas. Bagaimana nasib The Blues?

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Dua masalah tersebut, memang menghantam Jose Mourinho jelang laga krusial perebutan gelar juara itu. Costa disanksi tiga pertandingan akibat menginjak Emre Can di semifinal Piala Liga, sedangkan Fabregas alami cedera hamstring di laga yang sama.
Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan


Absennya kedua pemain penting ini, disebut bisa membahayakan peluang Chelsea merebut poin penuh. Namun, sebagaimana pentingnya Costa dan Fabregas dalam tim Mourinho?


Menurut data yang dikeluarkan
Daily Mail
, keduanya memang menjadi pemain yang paling banyak andil dalam terciptanya gol-gol Chelsea. Costa sudah membukukan 17 gol dan dua assists di Premier League, sedangkan Fabregas mencetak dua gol dan mencatatkan 15 assists.




Itu artinya, Costa memiliki andil dalam 37 persen gol Chelsea musim ini. Sementara itu, gelandang Spanyol tersebut mencatatkan 33 persen.


Yang mengkhawatirkan, performa Chelsea kerap kurang menawan saat Costa sedang absen. Meski tidak terlalu dramatis, tetapi pola penyerangan The Blues sepertinya sudah sangat bergantung pada striker Spanyol berdarah Brasil tersebut.


Sejauh ini, Costa baru absen tiga kali dari 22 laga liga Chelsea. Tetapi persentase kemenangan mereka menurun dari 73,7 persen ke 66,7 persen saat dirinya absen. Rata-rata gol juga menurun dari 2,4 persen jadi 2 persen.


Fabregas baru absen satu pertandingan liga sejauh ini, yaitu pada pertengahan Desember. Memang tidak terlalu bermasalah, setelah Chelsea saat itu menang 2-0 atas Hull City.




Namun, laga melawan ManCity akan jadi kali pertama Fabregas dan Costa sama-sama absen. Tentu bakal membuat Mourinho harus memutar otak.


Didier Drogba kemungkinan besar akan mengambil alih tempat Costa di sektor depan. Striker gaek itu sudah mencetak lima gol dalam 14 pertemuan melawan City, dengan sembilan laga di antaranya berbuah kemenangan Chelsea.


Kemenangan akan sangat membantu Chelsea menuju posisi juara Premier League. Saat ini, sang pemuncak klasemen unggul lima poin atas ManCity yang menduduki peringkat dua. (asp)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya