Gaji Tersendat, Asosiasi Pesepakbola Minta Klub Dihukum

Latihan Jelang Piala AFF 2012
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) 2014 sudah hampir bergulir, namun masih ada beberapa tim yang menunggak gaji pemainnya. Asosiasi Pemain Sepakbola Profesional Indonesia (APPI) memberikan usulan terkait permasalahan tersebut.

Tercatat, ada tiga tim calon peserta ISL yang masih memiliki utang kepada para pemainnya. Mereka adalah Persija Jakarta, PSM Makassar, dan Pelita Bandung Raya (PBR).

Tim verifikasi PT Liga Indonesia menunggu ketiga klub tersebut untuk menyelesaikan tunggakan kepada pemainnya hingga Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Sabtu 31 Januari 2015 besok. Andai tunggakan itu tak kunjung selesai, maka sanksi berat sudah menanti ketiga klub tersebut.

Sanksi yang dimaksud adalah pengurangan jumlah pemain di musim depan hingga 18, pelarangan penggunaan pemain asing, hingga tidak boleh berkompetisi. Dua klub, Persiwa Wamena dan Persik Kediri, sebelumnya sudah dicoret tim verifikasi PT Liga.

Tim verifikasi menilai, persoalan hutang dan finansial yang dialami kedua klub tersebut sudah terlalu akut. "Saya pikir itu kemajuan. Aturan seperti ini harus dilaksanakan dengan benar tanpa pandang bulu," kata Wakil Presiden APPI, Bambang Pamungkas, dalam acara Diskusi Sepakbola di kawasan FX Lifestyle Center, Jakarta, Jumat sore tadi.

Bepe meminta agar PT Liga bisa lebih galak dalam proses verifikasi klub. Jika nantinya, hingga RUPS masih ada klub yang belum menyelesaikan tunggakan kepada para pemainnya, striker 34 tahun itu meminta PT Liga untuk tak segan-segan menjatuhkan hukuman.

"Jika ada dispensasi, maka yang terjadi kemunduran. Sepakbola bisa maju kalau aturan ditegakkan. Kami akan tetap mengungkapkan fakta di atas lapangan. Kami akan ungkapkan klub mana yang masih berhutang dan pemain yang masih ditunggak, termasuk Persija," tegas Bepe.

"Kalau punya hutang, mending tak usah ikut kompetisi," timpal mantan striker timnas Indonesia yang juga anggota Komite Eksekutif APPI, Kurniawan Dwi Yulianto.

Upaya APPI dalam memperjuangkan hak pemain memang selalu terbentur dengan pengakuan dari PSSI. Namun, hambatan ini tak mengendurkan niat APPI untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Kami punya hak untuk melepaskan pemain dari penderitaan," jelas Bepe. (ren)

Semen Padang Belum Jawab Tawaran Uji Coba dari Persija

Baca Juga:

Juara Trofeo, Persija Makin Pede Tatap ISC

Taklukkan 10 Pemain Irak, UEA Raih Peringkat 3 Piala Asia

Diincar MU dan Chelsea, Varane Pilih Bertahan di Madrid

Bali United Tak Persoalkan Kegagalan di Trofeo Persija

Blatter Resmi Maju pada Pemilihan Presiden FIFA Tahun Ini

Pemain Persija Jakarta

Jadwal Siaran Langsung TSC, 5-7 Agustus 2016

Laga-laga seru akan tersaji di pekan ke-14.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016