Chelsea Vs ManCity: Duel Akbar Penentu Gelar Juara

Chelsea
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVA.co.id - Laga seru akan terjadi di pentas Premier League, Sabtu 31 Januari 2015 (Minggu dini hari WIB). Dua tim teratas, Chelsea dan Manchester City, akan saling berhadapan di Stamford Bridge. Praktis, ini menjadi duel penentu bagi dua tim yang memperebutkan gelar juara.

The Blues saat ini masih kokoh di puncak klasemen sementara dengan 52 poin dari 22 pertandingan, unggul 5 poin atas The Citizens. Andai menang, tim besutan Jose Mourinho akan semakin tak terkejar. Namun, jika sampai kalah, persaingan akan semakin menarik karena selisih poin tinggal 2.

Ada persamaan menarik jelang pertemuan kedua tim besar ini. Kedua tim sama-sama baru saja tersingkir dari babak 4 Piala FA, akhir pekan lalu. Uniknya, keduanya sama-sama takluk dari tim kasta lebih bawah Liga Inggris, di kandang sendiri.

ManCity kalah dari tim kasta kedua, Middlesbrough 0-2 di Etihad Stadium. Sedangkan Chelsea takluk dari tim kasta ketiga, Bradford City 2-4 di Stamford Bridge.

Berbeda dengan The Citizens, The Blues kembali bertanding di pertengahan pekan. Armada Jose Mourinho mampu bangkit usai kekalahan di Piala FA dengan menaklukkan Liverpool 1-0, dan lolos ke final Piala Liga.

Chelsea Tanpa Fabregas dan Costa?

Jelang duel krusial ini, Chelsea mendapatkan kabar buruk. Mereka terancam harus tampil tanpa dua pemain andalan, Diego Costa dan Cesc Fabregas.

Costa didakwa bersalah oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) karena menginjak kaki pemain Liverpool, Emre Can. Mantan bomber Atletico Madrid ini diancam sanksi 3 pertandingan. Kubu The Blues tengah mengajukan banding terkait hal ini.

Meski wasit tak melihat aksi tersebut, namun FA akan mempelajari kasus itu dari rekaman pertandingan. FA memberikan batas waktu hingga Kamis 29 Januari 2015 sore waktu setempat untuk memberikan tanggapan.

Namun, berdasarkan laporan BBC Sports, Costa mendapat dukungan penuh dari pihak klub untuk “melawan” dakwaan FA tersebut, sebab aksinya bentuk ketidaksengajaan. Hasil akhir mengenai kasus ini akan diputuskan oleh panel independen dari Komisi Disiplin FA nantinya.

Kubu Chelsea sampai tidak menggelar konferensi pers jelang laga kontra ManCity. Meski tak ada keterangan pasti, hal ini diyakini sebagai buntut dari kasus Costa.

Pemain lain yang terancam absen adalah Cesc Fabregas. Mantan gelandang Arsenal ini mengalami cedera hamstring di laga kontra Liverpool. Diyakini dia berbenturan dengan kapten The Blues, John Terry, ketika sama-sama hendak menyapu bola.

Menurut laporan Daily Mail, Fabregas sudah melakoni latihan ringan. Ini bisa menjadi pertanda jika pemain 27 tahun ini mulai pulih dan siap bertanding.

Rekor Pertemuan Berimbang

Sebagai sesama tim bertabur bintang, pertarungan ketat senantiasa terjadi saat kedua tim ini bertemu. Jika mengacu pada pertemuan sepanjang sejarah, Chelsea ternyata sedikit lebih unggul.

Kedua tim sudah bertemu dalam 136 pertandingan. Hasilnya, The Blues berhasil menang 54 kali berbanding 45 kemenangan milik The Citizens. 37 pertandingan lainnya berakhir sama kuat.

Namun, jika melihat 5 pertemuan terakhir, hasilnya berimbang. Chelsea dan ManCity sama-sama menang 2 kali, sedangkan satu pertandingan lainnya berakhir imbang.

Ketatnya pertarungan antara kedua tim bisa terlihat dalam pertemuan pertama musim ini. Skor 1-1 mengakhiri jalannya pertandingan di Etihad Stadium.

Chelsea sanggup unggul lebih dulu lewat gol Andre Schuerrle di menit 71. The Citizens selamat dari kekalahan berkat gol mantan pemain The Blues, Frank Lampard, menit 85.

Musim lalu, meskipun ManCity keluar sebagai juara Premier League, Chelsea justru sanggup 2 kali menang. Armada Jose Mourinho menang 2-1 di Stamford Bridge dan menang 1-0 di Etihad Stadium.

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Yang jelas, laga di Stamford Bridge ini bisa menjadi penentu perebutan gelar Premier League musim ini.

Rekor 5 pertemuan terakhir
21 November 2014 - Manchester City 1-1 Chelsea (Premier League)
16 Februari 2014 - Manchester City 2-0 Chelsea (Piala FA)
4 Februari 2014 - Manchester City 0-1 Chelsea (Premier League)
27 Oktober 2013 - Chelsea 2-1 Manchester City (Premier League)
26 Mei 2013 - Manchester City 5-3 Chelsea (Persahabatan)
(one)

Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam

Baca juga:

Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan

Agen Pastikan Pogba Hengkang dari Juventus

Liverpool Terpuruk Karena Sturridge Cedera

WAGs ManCity Makin "Panas" dengan Sarung Tinju

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya