Citra FIFA Buruk, Figo Siap Tantang Blatter

Football Legends Berlatih di SUGBK
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Mantan winger Barcelona dan Real Madrid, Luis Figo, masuk dalam daftar calon Presiden FIFA. Figo mengaku siap menantang Sepp Blatter yang kini masih menjabat sebagai Presiden FIFA.

Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?

Figo mengumumkan keputusannya mencalonkan diri sebagai Presiden FIFA menjelang pemilihan tahun ini digelar. Legenda sepakbola Portugal ini berhasrat menurunkan Blatter dari kursi Presiden FIFA.

Statuta FIFA mengatur batas waktu bagi calon yang akan diusulkan oleh anggota FIFA, empat bulan sebelum dimulainya kongres. Para calon Presiden FIFA harus menyelesaikan semua persyaratan untuk maju pada 29 Januari 2015.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

"Saya peduli tentang sepakbola, jadi apa yang saya lihat tentang citra FIFA, tidak hanya sekarang tapi pada tahun-tahun terakhir, saya tidak menyukainya," kata Figo, seperti dilansir Soccerway.

"Jika Anda mencari FIFA di internet Anda melihat kata pertama yang keluar adalah skandal, bukan kata-kata positif. Itulah yang kita harus ubah pertama dan mencoba untuk meningkatkan citra yang layak untuk FIFA, jauh lebih baik dari sekarang,” terangnya.

Figo memutuskan untuk maju sebagai calon Presiden FIFA hanya satu hari sebelum pendaftaran ditutup. Sebelum batas waktu, mantan pemain Inter Milan ini mengumpulkan dukungan lima anggota FIFA untuk maju.

"Saya telah berbicara dengan begitu banyak orang-orang penting dalam sepakbola, pemain, manajer, presiden federasi dan mereka semua berpikir bahwa sesuatu harus dilakukan,” ujarnya menegaskan.

Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!

Figo berharap, perubahaan kepemimpinan bisa dilakukan di kepengurusan induk organisasi sepakbola dunia itu. Dia juga tak senang melihat begitu buruknya citra FIFA di mata dunia, khususnya pencinta sepakbola.  

"Tahun lalu adalah Piala Dunia, saya berada di Brasil dan saya melihat reaksi semua fans mengenai citra FIFA dan saya pikir sesuatu yang harus diubah. Perubahan kepemimpinan, pemerintahan, transparansi dan solidaritas, jadi saya pikir itu saat untuk itu."

Baca juga:

Hasil Lengkap Pertandingan Tadi Malam

Singkirkan Liverpool, Chelsea Melaju ke Final Piala Liga

10 Pemain Lazio Singkirkan Milan dari Coppa Italia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya