Ini Terobosan Baru Persija di Musim 2015

Skuad Persija Jakarta 2015
Sumber :
  • Windi Wicaksono/VIVAbola

VIVA.co.id - Ada terobosan yang dilakukan oleh tim kepelatihan Persija Jakarta demi meningkatkan performa tim di Liga Super Indonesia (ISL) musim 2015. Mereka menggunakan jasa analis untuk mengorek kelemahan dari para pesaingnya.

Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, mengakui didatangkannya tim analis tersebut atas dasar permintaannya. Bahkan, tim analis ini sudah bekerja sejak Trofeo Persija, 11 Januari lalu.

Diungkapkan RD, kehadiran tim analis ini sangat membantunya dalam membangun performa tim. "Saya memang minta ada tim analis di kepelatihan Persija," jelas RD ketika ditemui VIVA.co.id, usai memimpin latihan di Lapangan Mako Brimob, Depok, pagi tadi.

"Saat membangun tim, kami tak bisa mengandalkan pengamatan satu pihak. Dia berperan sebagai pihak ketiga yang menilai perkembangan tim," ia menambahkan.

Saat ini, tim analis belum bergerilya mencari informasi mengenai kekuatan tim lawan. Mereka lebih fokus untuk memantau perkembangan performa dari punggawa Macan Kemayoran di setiap uji coba.

"Ini kan masa persiapan. Kekuatan lawan belum bisa dipantau. Jadi, fokusnya adalah ke dalam dulu. Nanti, saat kompetisi mulai, kami memantau permainan tim lawan," jelas salah satu tim analis, Jan Saragih.

Jan menambahkan, pihaknya tak bisa bekerja sendiri dalam menganalisa performa Persija dan tim lawan. Dia juga dibantu oleh jasa penyedia statistik dalam sepakbola Indonesia, Labbola.

"Mereka menyediakan statistik saja, tapi belum tahu cara mengolahnya menjadi sebuah strategi. Saya ini yang bertugas untuk mengubah statistik tersebut menjadi sebuah aplikasi strategi," jelas Jan. (one)

Secercah Harapan di Balik Raihan Satu Poin Persija

Baca juga:

Kata Ivanovic Usai Antar Chelsea ke Final Piala Liga
Neymar Bermimpi Jadi Bagian dari Sejarah Barcelona

Didepak Persib, Belencoso Masuk Radar Persija?

Manajer Liverpool Kecam Aksi Brutal Bomber Chelsea

Kalah dari BSU, Camargo Kecewa
Pemain Persija Jakarta

Hanya Cetak 7 Gol dari 14 Laga, Apa Solusi Persija?

Krisis gol di TSC berbuah bencana bagi Persija.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016