Ambisi Atletico Balik Jegal Barcelona di Pentas Copa del Rey

Fernando Torres dan para pemain Atletico Madrid merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez

VIVA.co.id - Kemenangan menjadi harga mati bagi Atletico Madrid di leg kedua perempatfinal Copa del Rey melawan Barcelona. Bahkan lebih dari itu, mereka wajib memasang target keunggulan di atas 2 gol jika masih ingin melanjutkan kiprahnya di ajang tersebut.

Pada pertemuan pertama pekan lalu di Camp Nou, Atletico diketahui tumbang 1-0. Gawang mereka dikoyak oleh penyerang andalan Los Azulgranas itu hanya 5 menit jelang bubaran.

Walaupun punya ambisi besar dan sikap optimistis, tapi sejak awal Atletico sudah paham jika misi mengalahkan Barcelona serta melaju ke semifinal tidak semudah membalik telapak tangan. Apalagi bila menengok ke catatan pertemuan mereka.

Dalam tiga pertemuan terakhir tim asuhan Diego Simeone selalu gagal menaklukkan Barcelona. Mereka dua kali tumbang dan sekali bermain imbang.

Tapi sulit juga bukan bermakna mustahil. Bagaimanapun Atletico tetap memiliki peluang. Apalagi leg kedua ini akan dimainkan di Vicente Calderon, kandang mereka sendiri.

Dengan dukungan penuh dari fansnya, bisa jadi semangat Antoine Griezmann cs malah akan meletup-lutup. Dan catatan buruk atas Barcelona di pertandingan-pertandingan sebelumnya malah dapat memberikan motivasi baru bagi mereka.

"Kami harus lebih kuat di kandang sendiri. Atletico bakal mengerahkan seluruh kemampuan. Dengan dukungan dari fans, kami siap melanjutkan kiprah ke semifinal," kata Griezmann menyemangati rekan-rekan setimnya.

"Kami punya keyakinan penuh untuk pertandingan nanti. Jika tidak, kami pasti menolak untuk masuk ke lapangan," sambungnya.

Atletico tekan Barcelona

Menekan sejak awal, itulah permainan yang bakal diterapkan Atletico saat menghadapi Barcelona. Gelandang Tiago Mendes yakini hanya dengan cara tersebut timnya bisa melumpuhkan pasukan besutan Luis Enrique.

Tiago berpendapat timnya wajib mencuri gol lebih dulu, demi mengejar ketertinggalan.

"Publik menilai kami sudah tersingkir usai kalah 0-1 di Camp Nou, namun kami akan buktikan kami bisa bangkit di Vicente Calderon," kata Tiago.

"Kami akan menekan mereka habis-habisan dan mencetak gol pertama. Setelah kebobolan, Barca akan semakin gugup sehingga kami berkesempatan untuk mencetak gol kedua. Senjata utama kami adalah kemampuan untuk menekan lawan," tuturnya.

Apes bagi Atletico, pada laga nanti mereka dipastikan tanpa diperkuat bek tangguh Diego Godin yang terkena hukuman. Tapi di lain sisi, lini tengah mereka akan sedikit terbantu dengan kembalinya Koke yang absen di pertemuan pertama karena cedera.

Barcelona pilih hati-hati

Bersikap takabur, tentu bukan opsi yang diambil Barcelona menghadapi leg kedua nanti. Mereka sadar benar jika lawan yang dihadapi bukan tim asal-asalan.

Atletico adalah juara bertahan La Liga. Jika dalam kondisi terbaik, bukan tidak mungkin mereka akan sanggup meluluh lantakan Barcelona.

Penyerang asal Brasil, Neymar menganggap Atletico tim yang sangat perlu dihormati. Dia juga menyebut tim ibukota itu adalah salah satu yang terbaik untuk saat ini.

"Pertandingan melawan Atletico salah satu laga terbesar buat kami. Tim harus menjago fokus untuk membuat pertandingan menarik dan tentunya kembali meraih kemenangan," ungkap Neymar.

"Tapi, kembali perlu kita ingat, Atletico adalah salah satu tim terbaik. Jadi kita harus sangat menghormati mereka," sambungnya.

Hal senada juga diungkap oleh Presiden Klub Josep Bartomeu. Dia sadar pertandingan nanti bakalan berjalan sengit sehingga timnya tidak bisa bersantai ria mempertahankan keunggulan yang sudah di tangan.

"Atletico tim hebat dan itu akan jadi laga berat sekaligus sengit. Kami harus mencari kemenangan di sana. Barcelona tidak boleh hanya berdiam diri mempertahankan keunggulan di leg awal," ujarnya.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Liverpool Gilas Barcelona di Wembley

Baca juga:

Chelsea Vs Liverpool: Penebus Kesalahan Si Biru

Hasil Lengkap Pertandingan Sepakbola Tadi Malam

Bayern Bisa Kehilangan Guardiola, ManCity & Barca Mengintai

Selangkah Lagi, Bek Barcelona Gabung Roma
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016