UEA Kubur Mimpi Jepang Pertahankan Piala Asia

Para pemain UEA pada laga perempatfinal Piala Asia kontra Jepang
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id - Jepang dipastikan gagal mempertahankan gelar Piala Asia usai disingkirkan Uni Emirat Arab (UEA) pada perempatfinal Piala Asia 2015. Ditahan imbang 1-1 selama 90 menit dan dua kali extra time, Samurai Biru kalah 4-5 lewat drama adu penalti.
Tuan Rumah Piala Asia 2019, Dubai Siapkan Stadion Megah

Pada pertandingan yang digelar di ANZ Stadium, Jumat 23 Januari 2015 sore WIB, Jepang langsung coba mengambil inisiatif serangan. Namun, perlawanan yang diberikan UEA pun beberapa kali membuat lini pertahanan Tim Samurai Biru kewalahan. 
Taklukkan 10 Pemain Irak, UEA Raih Peringkat 3 Piala Asia

Benar saja, baru tujuh menit laga berjalan, UEA menghentak lewat gol yang dilesakkan Ali Ahmed Mabkhout. Mendapat umpan di sisi kanan, Mabkhout melepaskan tembakan keras ke sudut gawang Jepang dan tak bisa diantisipasi kiper Eiji Kawashima. 1-0 UEA memimpin.
Hantam UEA, Australia Susul Korsel ke Final Piala Asia

Tertinggal, Jepang coba membalas, namun serangan-serangan dari Keisuke Honda dan Shinji Okazaki kerap gagal membuahkan hasil. Dan hingga wasit mengakhiri babak pertama, tak ada gol tambahan tercipta. Skor sementara 1-0 untuk keunggulan Eyal Zayed.

Pada paruh kedua, Jepang tampil mendominasi dan melancarkan serangan bertubi-tubi. Shinji Kagawa dan Yohei Toyoda berkali-kali mendapat peluang emas. Namun, penampilan gemilang kiper UEA, Majed Naser, membuat usaha-usaha Samurai Biru kerap mentah.

Gol yang ditunggu-tunggu Jepang pun datang pada menit 81. Pemain pengganti Gaku Shibasaki memainkan umpan satu-dua dengan Honda, sebelum melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Skor pun menjadi sama kuat 1-1, dan bertahan hingga 90 menit.

Pada babak extra time, Jepang masih dominan. Serangan demi serangan tak henti-hentinya dilakukan Honda dan kawan-kawan. Namun, kembali, usaha-usaha mereka selalu mampu dimentahkan Naser. Sehingga pemenang mesti ditentukan lewat adu penalti. 

Pada adu tos-tosan, dua pemain yang berlaga di kompetisi Eropa, Honda (AC Milan) dan Shinji Kagawa (Borussia Dortmund) menjadi penyebab kekalahan karena sepakannya tak masuk. Sedangkan Khamis Esmaeel menjadi satu-satunya penendang UEA yang gagal. Skor akhir 5-4 untuk kemenangan UEA.

Pada semifinal yang berlangsung di Newcastle Stadium, Selasa 27 Januari 2015, UEA akan menghadapi tuan rumah Australia. Sebelumnya, Socceroos melangkahkan kaki ke semifinal berkat kemenangan 2-0 atas Tiongkok.

Susunan Pemain
Jepang: Eiji Kawashima, Yuto Nagatomo, Masato Morishige, Maya Yoshida, Gotoku Sakai, Makoto Hasebe, Shinji Kagawa, Yasuhito Endo (Gaku Shibasaki 54'), Takashi Inui (Yoshinori Muto 46'), Keisuke Honda, Shinji Okazaki (Yohei Toyoda 65')

UEA: Majed Naser, Mohamed Ahmed, Mohanad Salem, Haikal Mubarak (Ismail Ahmed 76'), Sanqour, Khamis Esmaeel, Amer Abdulrahman (Majed Hassan 54'), Ali Ahmed Mabkhout, Omar Abdulrahman, Ismaeel Al Hammadi, Ahmed Khalil (Habib Fardan Abdualla  58')
(one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya