Fakta-fakta Menarik Seputar 30 Hattrick Messi

Penyerang Barcelona, Lionel Messi merayakan gol ke gawang Deportivo
Sumber :
  • REUTERS/Miguel Vidal

VIVA.co.id - Bintang Barcelona, Lionel Messi, telah menorehkan 30 hattrick sepanjang kariernya. Fakta-fakta menarik tersaji setiap La Pulga mencetak 3 gol atau lebih dalam satu pertandingan.

Berikut 10 fakta menarik seputar hattrick Messi seperti dikutip situs resmi Barcelona:

1. Messi sudah pernah menorehkan hattrick di berbagai ajang. Peraih Ballon d'Or 4 kali ini sudah mencetak 22 hattick di La Liga, 5 di Liga Champions, 2 di Copa del Rey, dan 1 di Piala Super Spanyol.  19 hattrick dilakukan di Camp Nou, dan 11 lainnya di luar kandang.

2. Jika Messi mencetak hattrick, Barca hampir selalu menang. Satu-satunya hattrick Messi gagal membawa kemenangan adalah saat melawan Real Madrid pada 2007. Laga berkesudahan 3-3.

3. Tiga tim sempat 3 kali merasakan hattrick Messi, yakni Osasuna, Valencia, dan Atletico Madrid. La Pulga melakukannya dua kali ke gawang Real Madrid, Malaga, Espanyol, dan Deportivo La Coruna. Tim terakhir menjadi satu-satunya yang dua kali merasakan hattrick Messi di kandang sendiri.

4. Messi sempat mencetak lebih dari 3 gol dalam satu pertandingan sebanyak 5 kali dalam kariernya. Arsenal, Valencia, Espanyol, dan Osasuna merasakan 4 gol Messi. Sedangkan Bayer Leverkusen lebih "beruntung" dengan merasakan 5 gol.

5. Messi beberapa kali mencetak hattrick saat Blaugrana meraih kemenangan besar. Di antaranya, 8-0 melawan Almeria, lalu kemenangan 8-0 dan 7-0 melawan Osasuna di Camp Nou.

6. Messi sempat melakukan back-to-back hattrick atau hattrick 2 kali beruntun sebanyak 4 kali. Yang terbaik, saat dia mencetak hattrick ke gawang Malaga diikuti 4 gol ke gawang Espanyol di akhir musim 2011-12.

7. Hanya 6 kali hattrick Messi melibatkan tendangan penalti. 3 hattrick pemain 27 tahun ini ada yang diwarnai 1 penalti, dan sisanya ditambah dengan 2 penalti.

8. Ada 2 hattrick Messi yang menciptakan sejarah. Hattrick-nya saat Barca melibas Granada, 20 Maret 2013, membuat Messi melewati rekor Cesar Rodriguez sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Barca. Sedangkan hattrick ke gawang Sevilla saat Barca menang 5-1, 22 November 2014, membuat Messi melewati rekor Telmo Zarra sebagai top scorer sepanjang masa La Liga.

9. Hattrick ke gawang APOEL Nicosia pada November 2013, merupakan satu-satunya hattrick di mana Messi menciptakan seluruh gol dengan kaki kanan.

10. Hingga saat ini, sudah 19 klub berbeda yang menjadi korban hattrick Messi. Tim La Liga yang belum merasakannya adalah Elche, Villarreal, Athletic Bilbao, dan Levante. (one)

Baca juga:

Diimbangi Liverpool, Hazard Akui Chelsea Tampil Buruk

Ketika Ronaldo dan Messi Saling Memotivasi

Barcelona Vs Atletico: Tampil Beda Demi Hasil Beda

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016