10 Fakta Menarik Usai Arsenal Permalukan ManCity di Etihad

Arsenal melawan Manchester City
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble
VIVAbola –
Yaya Toure Akhirnya Menyerah, Minta Agennya Diam
Manchester City gagal terus mendekati pemuncak klasemen sementara Premier League, Chelsea, usai
dipermalukan tamunya, Arsenal 0-2.
Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan
Masih di posisi 2, The Citizens kini diintai oleh tim-tim yang ada di bawah mereka, termasuk Arsenal yang menempati urutan 5.
Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

Bertempat di Etihad Stadium, Minggu 18 Januari 2015 malam WIB, ManCity tertinggal pada babak pertama, lewat penalti Santi Cazorla. Bukannya menyamakan kedudukan, tim asuhan Manuel Pellegrini itu malah kebobolan lagi pada babak kedua, lewat sundulan Olivier Giroud.

Sejumlah fakta menarik pun mewarnai kekalahan ManCity. Di antaranya, The Citizens harus menunggu hingga menit 36 untuk bisa melepaskan tembakan ke gawang lawan. Hal tersebut menunjukkan begitu rapat dan solidnya pertahanan The Gunners dalam meredam serangan ManCity.


Selain itu, tak tampilnya Yaya Toure ternyata memberi pengaruh penting bagi kreativitas serangan ManCity. Terbukti, The Citizens selalu gagal menang setiap kali pemain asal Pantai Gading tersebut absen. Empat laga tanpa Toure, ManCity tiga kali imbang dan sekali kalah.


Berikut 10 fakta menarik usai laga ManCity vs Arsenal, dilansir Opta dan Infostrada:


1.
Arsenal membuka keunggulan lewat penalti Cazorla pada menit 24, setelah wasit menunjuk titik putih akibat pelanggaran Vincent Kompany kepada Nacho Monreal. Itu merupakan pelanggaran kedua yang dilakukan pemain The Citizens pada laga tersebut.


2.
Penalti yang diberikan wasit di laga ini membuat Arsenal telah mengantongi 5 penalti pada Premier League musim ini, menyamai catatan ManCity. Dan hingga saat ini, hanya ada dua tim yang sama sekali belum mendapat penalti, yaitu Manchester United dan Aston Villa.


3.
Penalti Cazorla membuat The Gunners unggul 1-0 saat pertandingan memasuki masa jeda. Itu merupakan pertama kalinya sejak Oktober 2010 (atau setelah 13 pertandingan), Arsenal unggul pada babak pertama pada laga melawan ManCity/MU/Chelsea.


4.
Pada babak pertama, ManCity begitu kesulitan mendobrak pertahanan Arsenal. Dan, mereka pun harus menunggu hingga menit ke-36 sebelum menciptakan tembakan pertama ke gawang lawan. Itu merupakan yang terlama pada laga kandang di Premier League, sejak Oktober 2012.


5.
Gol kedua Arsenal tercipta lewat sundulan Olivier Giroud, memanfaatkan umpan Santi Cazorla. Pada Premier League musim ini, sudah 9 kali The Gunners mencetak gol lewat sundulan, dan hanya kalah dari West Ham United dengan torehan 14 gol.


6.
ManCity kebobolan dua gol pada tiga laga kandang Premier League secara beruntun, di mana sebelumnya mereka menang 3-2 atas Sunderland dan ditahan imbang 2-2 Burnley. Catatan tersebut merupakan pertama sejak September-Oktober 2002.


7.
Untuk pertama kalinya sejak Oktober 2010, ManCity dikalahkan Arsenal dengan margin dua gol atau lebih. Pada 2010, juga bertempat di Etihad Stadium, The Citizens dipermalukan Arsenal dengan skor 0-3 lewat gol Samir Nasri, Alex Song, dan Nicklas Bendtner.

 

8.
ManCity tak diperkuat Yaya Toure yang memperkuat Pantai Gading di Piala Afrika 2015. Pada Premier League musim ini, sudah empat kali The Citizens tak diperkuat Toure, dan keempatnya mereka selalu gagal menang (tiga imbang dan sekali kalah).


9.
Gempuran-gempuran ManCity ke gawang Arsenal membuat mereka mendapat 16 tendangan penjuru. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak sejak melakoni pertandingan penentu Premier League 2011-12 melawan QPR, 19 tendangan penjuru.


10.
Arsenal memenangi laga tandang melawan juara bertahan Premier League. Itu merupakan catatan pertama tim asuhan Wenger sejak menang 1-0 atas MU pada Mei 2002. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya