Wolfgang Pikal Incar Kursi Pelatih PON Jabar

Asisten Pelatih tim nasional Indonesia, Wolfgang Pikal.
Sumber :
  • VIVAnews/Slamet Mulyono

VIVAbola - Wolfgang Pikal yang selama ini dikenal kerap jadi tangan kanan mantan pelatih Tim Nasional Indonesia Alfred Riedl, ternyata membidik kursi pelatih kepala tim sepak bola Jawa Barat di PON XIX/2016.

Hal itu diketahui setelah pria asal Austria itu mengajukan lamaran kepad Asprov PSSI Jabar bersama sejumlah pelatih lain untuk mengikuti audisi yang rencananya dilaksanakan Kamis 15 Januari 2015. Pikal akan bersaing dengan 12 nama lainnya yang juga tertarik duduk di kursi pelatih tim PON Jabar.

Jika melihat pada pengalamannya selama ini, Pikal di atas kertas cukup berpeluang menjadi arsitek Jabar yang bakal menjadi tuan rumah pesta olahraga empat tahunan paling akbar di Tanah Air itu. Beberapa nama bisa dikatakan akan jadi pesaing kuat Pikal karena pengalaman dan prestasinya, seperti Mustika Hadi yang pernah sukses membawa Persib U-21 menjadi juara ISL U-21 musim 2009/2010.

Lalu Warta Kusumah yang cukup berpengalaman melatih di level Divisi Utama Liga Indonesia. Nama lainnya adalah Dino Sefriyanto yang cukup kenyang pengalaman meski sebagai pelatih fisik di sejumlah klub besar seperti Persebaya Surabaya dan Persib Bandung.

Kendati jejak karier Pikal cukup mumpuni untuk menangani tim selevel PON, namun bukan berarti langkahnya bakal mulus. Sebab, Asprov PSSI Jabar akan lebih mengutamakan pelatih lokal Jabar untuk memimpin tim PON Jabar.

"Mayoritas yang mengajukan lamaran adalah putra daerah. Salah satu prioritas kita memang lebih ke potensi daerah sendiri. Tapi bukan berarti non-Jabar juga tak punya peluang," ungkap Sekjen Asprov PSSI Jabar, Djafar Sidik.

Namun hal itu bukan berarti akan menutup peluang Pikal, apalagi dia pun cukup dikenal dekat dengan sejumlah tokoh sepak bola di Jabar, khususnya Bandung. Salah satunya adalah Hasan Saputra pemilik Saint Prima Bandung, salah satu klub amatir yang lumayan getol menelurkan dan 'memasok' pemain muda ke sejumlah klub di Indonesia, terutama Persib Bandung.

Selain diminta menjelaskan program-program yang bakal dilakukannya, Pikal dan para calon pelatih tim PON Jabar juga akan diuji kemampuan teknisnya dalam memimpin tim di Lapangan Progresif, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. (ren)

Baca Juga

Eks Pemain Premier League Pamer Foto Bugil di Atas Salju

Bek ManCity Resmi Gabung Schalke

Ancelotti Bermimpi Duetkan Messi dan Ronaldo di Madrid

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif
Asisten Pelatih tim nasional Indonesia, Wolfgang Pikal.

Timnas Senior Masih Buka Pintu untuk Pemain Muda

Jajaran pelatih sudah mengumumkan 47 nama pemain yang akan diseleksi.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016