MU Vs Southampton, Adu Pintar Guru dan Murid

Manajer Manchester United Louis van Gaal dan manajer Southampton Ronald Koeman
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Winning
VIVAbola - Manchester United akan menghadapi Southampton di Old Trafford, Minggu 11 Januari 2015 malam WIB. Di duel ini, adu pintar kedua manajer jadi hal paling menarik untuk disimak.
Rekor Buruk Mourinho di MU

Ya, Louis van Gaal dan Ronald Koeman memiliki sejarah hubungan yang panjang. Di 1998 silam, Koeman diajak oleh Van Gaal untuk menimba ilmu kepelatihan di Barcelona. Selama 2 tahun, Koeman menjadi asisten Van Gaal untuk menangani Azulgrana. 
Van Dijk Klaim Southampton Pantas Menang atas Inter Milan

Mereka juga pernah bekerja sama di 2004 silam. Ketika itu, Koeman berstatuskan pelatih kepala Ajax Amsterdam dan Van Gaal menjadi Direktur Teknik.
MU Mainkan Mkhitaryan Lagi, Mourinho Tidak Puas

Tentunya, hubungan pertemanan mereka di luar lapangan sangat akrab. Meski begitu, Koeman menjamin, tak akan ada misi "balas budi" kepada Van Gaal di laga melawan MU, malam nanti.

Pria 51 tahun itu justru ingin memberikan kado pahit kepada mentornya itu di pertandingan nanti. Koeman berharap Southampton bisa meraih kemenangan atas MU.

Dengan begitu, mereka akan naik ke posisi 3 klasemen sementara Premier League dan membuka peluang untuk mendapat tiket lolos otomatis ke Liga Champions.

"Pertandingan melawan MU menjadi ujian yang bagus melihat kualitas para pemain. Jika mereka yakin dengan kualitas permainan tim, kami bisa meraih posisi bagus di klasemen," kata Koeman seperti dilansir Daily Mail.

Dibandingkan Van Gaal, prestasi Koeman di Premier League sebenarnya lebih baik. Mantan pelatih Valencia ini bisa mengantarkan Southampton masuk ke posisi 4 besar meski hanya bermodalkan pemain pas-pasan.

Performa ciamik mereka pun sudah terlihat di awal musim. Hebatnya lagi, jika ditinjau dari statistik, pertahanan The Saints ternyata lebih kokoh ketimbang MU. Mereka baru kebobolan 15 gol hingga pekan ke-20.

"Seharusnya, lebih mudah menangani tim dengan kualitas pemain yang lebih bagus. Jawaban mudah manajer (ketika timnya terseok-seok) adalah 'Saya butuh waktu'. Di sepakbola, tak ada waktu yang cukup," sindir Koeman terkait pencapaian Van Gaal dengan MU. (one)

Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya