Kandidat Ballon d'Or, Ini Sepak Terjang Messi Sepanjang 2014

Penyerang andalan Barcelona, Lionel Messi merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Gastau Nacarino
VIVAbola -
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
Lionel Messi kembali akan bertarung dalam perebutan Ballon d'Or 2014. Nah, berikut ini sepak terjang penyerang lincah Barcelona dan timnas Argentina sepanjang 2014 yang dapat menjadi panduan.

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Messi akan bertarung dalam perebutan gelar prestisius ini bersama dua kandidat lainnya, yakni sang juara bertahan Cristiano Ronaldo yang jadi tumpuan Real Madrid dan kiper Bayern Munich, Manuel Neuer.
Liverpool Gilas Barcelona di Wembley


Pengumuman pemenang Ballon d'Or sendiri akan diumumkan pada tanggal 12 Januari 2015 mendatang. Pertanyaannya, pantaskah seorang Messi memenangkan penghargaan paling prestisius ini?

Nah, untuk menilai pantas atau tidaknya Messi menjadi pemenang tentu tak salah melihat sepak terjangnya sepanjang 2014:

16 Januari:
Messi datang sebagai pemain cadangan setelah 10 pekan absen karena cedera. Messi langsung mencetak 2 gol saat Barcelona menekuk Getafe 4-0 di ajang Copa del Rey.

1 Februari:
Messi mencetak gol pertamanya di La Liga setelah terakhir kali ia mencetak gol di bulan September. Sayang Barcelona harus menelan kekalahan 3-2 di kandang saat menjamu Valencia.


9 Februari:
Messi kembali ke performa terbaiknya dengan mencetak 8 gol hanya dalam 6 laga. 2 gol pertama datang saat Barcelona menekuk tuan rumah Sevilla dengan skor 4-1.


18 Februari:
Penalti Messi ikut menyingkirkan Manchester City di babak 16 besar Champions League.


16 Maret:
Messi mencetak hattrick saat Barca menggulung Osasuna 7-0. Tambahan 3 gol Messi membuatnya melewati torehan gol terbanyak pemain Barcelona yang sebelumnya dipegang Paulino Alcantara dengan 371 gol.


23 Maret:
Ikut membawa Barcelona menekuk sang rival, Real Madrid, dengan skor 4-3. Hasilnya Madrid harus turun ke peringkat 2 di bawah Atletico Madrid. Messi mencetak hattrick.


9 April:
Messi gagal mencegah Barcelona terdepak di pentas Champions League setelah disingkirkan Atletico Madrid di babak perempatfinal.


16 April:
Messi dan Barcelona gagal merengkuh Copa del Rey setelah di final menyerah 2-1 dari Real Madrid. Messi gagal mencetak gol.


17 Mei:
Messi dan Blaugrana juga gagal menghadang laju Atletico Madrid sebagai jawara La Liga setelah di laga terakhir hanya mampu bermain imbang 1-1 di Camp Nou.


15 Juni:
Messi mencoba menyamai torehan legenda Argentina, Diego Maradona di Piala Dunia 1986. Messi mencetak gol penting di laga pembuka Piala Dunia lawan Bosnia-Herzegovina.


21 Juni:
Kapten Argentina kembali menunjukkan peran pentingnya di timnas Argentina dengan mencetak gol penting ke gawang Iran.


25 Juni:
Messi mencetak 4 gol dari 3 kemenangan yang ditoreh Argentina di fase grup. 2 gol lainnya dicetak saat melawan Nigeria.


13 Juli: 
Di final Piala Dunia yang digelar di Brasil, Messi harus mengubur ambisinya menyamai torehan Maradona selah di final Argentina menyerah dari Jerman. Tapi Messi mendapat penghargaan Sepatu Emas sebagai pemain terbaik.


24 Agustus:
Messi kembali menjadi pahlawan Barcelona dengan dua golnya saat menekuk Elche dengan skor telak 3-0.


27 September:
Messi mencatat lebih dari 400 gol sepanjang kariernya untuk klub dan timnas saat klub asal Katalan itu menghancurkan Granada dengan skor 6-0.


30 September:
Messi selalu mencetak gol dalam 10 musim terakhir di kompetisi Champions League dan tengah mengejar rekor gol terbanyak di pentas Eropa yang dipegang legenda Madrid, Raul Gonzales.


5 November:
Mencetak 2 gol tandang di markas Ajax untuk menyamai torehan 71 gol Raul di pentas Champions League.


22 November:
Memecahkan rekor Telmo Zarra untuk gol terbanyak di pentas La Liga dengan 251 gol. Rekor ini telah bertahan lama.


25 November:
Mengalahkan Ronaldo untuk melewati rekor gol Raul di ajang Champons League. Barca menekuk tuan rumah APOEL Nicosia 4-0 dan Messi mencetak hattrick.


20 Desember:
Menutup tahun 2014 dengan mencetak dua gol saat Barcelona menekuk Cordoba di Camp Nou dengan skor telak 5-0.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya