Kaleidoskop 2014: Dominasi Bayern Munich, PSG & Ajax

Para pemain Bayern Munich merayakan gol Xabi Alonso
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAbola – Bicara Bundesliga, klub yang paling diingat dari kompetisi sepakbola Jerman itu adalah Bayern Munich. Dan hal itu bukan tanpa alasan, sebab Bayern merupakan klub tersukses di Jerman dengan 24 trofi Bundesliga.

Dua musim terakhir, klub berjuluk Die Roten ini masih mendominasi kompetisi sepakbola Jerman dengan torehan juara. Musim 2013-2014, Bayern mampu meraih gelar Bundesliga dengan keunggulan 19 poin atas Borussia Dortmund, yang finis sebagai runner up.

Sejak pertengahan musim lalu, Bayern bahkan sudah menunjukkan tanda-tanda bakal mengangkat trofi Bundesliga. Kala itu, mereka kokoh di puncak klasemen dengan 44 poin dari 16 pertandingan Bundesliga. Bayern unggul 7 poin atas Bayer Leverkusen di peringkat 2 yang sudah bermain 17 kali.

Musim lalu juga menjadi musim perdana Pep Guardiola sebagai pelatih Bayern, namun dia mampu mempertahankan gelar Bundesliga, yang musim sebelumnya dimenangkan oleh Bayern asuhan Jupp Heynckes. Bukan tak mungkin pula Guardiola bakal memelihara dominasi Bayern di Bundesliga untuk beberapa musim ke depan.

Sayangnya, gelar top scorer lepas dari Bayern. Sebab musim lalu, Robert Lewandoski yang masih membela Dortmund mampu meraihnya dengan torehan 20 gol. Menariknya, musim ini, Lewandoswski resmi bergabung ke Bayern dengan status bebas transfer pada musim panas lalu.      

Ligue 1 Dikuasai PSG

Sejak diambil alih oleh pengusaha Qatar, Nasser Al-Khelaifi, Paris Saint Germain (PSG) berubah menjadi klub yang jauh lebih kuat. Dengan dana melimpah, PSG bisa membeli siapa saja pemain yang diinginkan.

Laurent Blanc mengambil alih kursi kepelatihan PSG yang ditinggalkan Carlo Ancelotti. Blanc terbilang sukses, sebab mampu membawa PSG mempertahankan gelar Ligue 1. Padahal, AS Monaco yang baru promosi juga tak kalah dalam hal menggelontorkan dana untuk belanja pemain.

PSG menjuarai Ligue 1 2013-2014 dengan keunggulan 9 poin atas Monaco yang akhirnya finis sebagai runner up. Untuk musim ini, dari 19 pertandingan, PSG masih berada di peringkat 3 klasemen sementara Ligue 1, di mana puncak klasemen ditempati Olympique Marseille.

Gelar top scorer juga diraih oleh bomber Les Parisiens, Zlatan Ibrahimovic, yang mencetak 26 gol. Pada musim sebelumnya, Ibrahimovic juga sukses meraih gelar top scorer dengan torehan gol yang lebih fantastis, yakni 30 gol.

Dominasi Ajax Tak Terhindarkan

Sebagai klub terbesar di Belanda, Ajax Amsterdam benar-benar membuktikan dominasi di Eredivisie. Sejak musim 2010-2011, Ajax menunjukkan hegemoninya dengan menjuarai Eredivisie, 4 musim berturut-turut. 

Musim lalu, Ajax juara dengan meraih 71 poin dalam 34 pertandingan, unggul 4 poin atas Feyenoord yang finis sebagai runner up. Tangan dingin pelatih Frank de Boer membuat Ajax seakan melesat sendirian di kompetisi kasta tertinggi Belanda.

Namun, uniknya, De Amsterdammers tak memiliki striker harus gol di skuad mereka. Musim lalu saja, pencetak gol terbanyak Ajax hanya mampu menjaringkan 10 gol, yakni masing-masing Davy Klaasen dan Kolbeinn Sigthorsson.  

Pencetak gol terbanyak Eredivisie musim lalu adalah Alfredh Finnbogason, yang merupakan striker Heerenveen. Finnbogason, yang berasal dari Islandia, sukses menyarangkan 29 gol selama satu musim kompetisi.

Namun, sampai akhir tahun ini, dominasi Ajax terancam oleh kebangkitan PSV Eindhoven. Sebab, kini PSV memuncaki klasemen sementara Eredivisie dengan koleksi 43 poin, sedangkan Ajax di posisi 2 dengan mengumpulkan 39 poin. (one)

Leicester Digasak PSG dan Barca, Sang Kapten Malah Senang

Lihat berita menarik lainnya klik di sini

Penyerang Paris Saint-Germain (PSG), Zlatan Ibrahimovic

Ibra Ogah Berhubungan Intim Jelang Tanding

Dia takut permainannya tidak maksimal.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016