Boxing Day di Antara Kritikan dan Pujian

Menanti laga Boxing Day Premier League
Sumber :
VIVAbola
Liverpool Tunjuk Direktur Sepakbola untuk Pertama Kali
- Di saat liga-liga Eropa lain sedang libur karena Natal serta Tahun Baru, Premier League justru terus berlangsung. Periode ini bukanlah hal yang aneh di Inggris dan biasa disebut sebagai Boxing Day.

Moyes Sukses Ajak 2 Bek MU Merapat ke Sunderland

Banyak tim yang mengkritik periode Boxing Day. Sebab laga ini berlangsung di saat para pemain seharusnya menikmati liburan Natal. Alhasil, Boxing Day dianggap bakal menguras tenaga para pemain.
Guardiola Diragukan, Xavi Turun Tangan


Dalam tiga hari ke depan, Jumat hingga Minggu, tim-tim Premier League harus melakoni dua laga. Jadwal padat di tengah masa liburan ini yang membuat Boxing Day selalu dikritik meski sudah menjadi tradisi lama.

Manajer Manchester United, Louis van Gaal salah satunya yang kesal dengan padatnya jadwal Premier League pada Desember ini. Dia pun berharap Federasi Sepakbola Inggris (FA) bisa menyusun jadwal yang lebih baik bagi kondisi pemain.

“Saya rasa itu tidak baik untuk pemain yang berkarier di sini (Premier League), bahwa mereka akan bermain setiap 2 hari sekali,” ujar pelatih asal Belanda tersebut seperti dilansir Sportmole.

Hal yang sama juga dilontarkan Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini. Pelatih asal Chile itu mengaku pusing dengan jadwal padat Premier League di penghujung 2014. Pellegrini bahkan meminta FA mengevaluasi jadwal liga di tengah musim.

Keluhan eks pelatih Real Madrid itu bukan tanpa alasan. Dua pemain ManCity menjadi korban dari jadwal gila jelang tengah musim. Mereka adalah bek tengah sekaligus kapten, Vincent Kompany, dan striker Edin Dzeko.


"Mereka cedera karena terlalu sering bermain di akhir tahun. Premier League intensitasnya sangat tinggi. Boxing Day memang penting, tapi semuanya bisa berdampak buruk di atas lapangan," keluh Pellegrini dilansir Telegraph.


Sementara komentar sedikit bijak disampaikan manajer Chelsea, Jose Mourinho. Menurutnya, para pemain yang ada di Premier League pantas mendapat respek karena mengorbankan waktu libur bersama keluarga.


"Ini sangat sulit. Saat orang-orang Jerman sedang (berlibur) di pantai. Orang-orang Spanyol di Maldives untuk berjemur. Semua orang melakukan itu," tutur Mourinho dilansir SkySports.


"Tapi, di negara ini, Anda bermain pada 22 (Desember), bermain di Boxing Day, tanggal 28, dan juga saat Tahun Baru. Tak ada Natal, yang ada hanya sepakbola. Untuk itu, saya pikir (para pemain) pantas dapat respek," lanjutnya.


Sedangkan gelandang West Ham United, Mark Noble juga tidak senang dengan komplain yang dilakukan tim-tim Premier League terkait padatnya jadwal pertandingan saat perayaan Natal dan akhir tahun.


Menurutnya, mereka seharusnya bersyukur tak dikirim ke Irak atau Afghanistan untuk berperang. Noble memang sadar bahwa itu konsekuensi dari profesinya sebagai pesepakbola yang harus membayar mahal dengan tak dapat sepenuhnya merayakan Natal bersama keluarganya.


"Anda harus berpikir mengenai tentara yang berada di Afghanistan atau Irak. Mereka tidak bersama keluarga mereka dan hidup di bawah ancaman peluru, sedangkan kita hanya bermain di Premier League," kata Noble dilansir tribalfootball.


"Memang sangat sulit bagi Anda yang punya keluarga dan anak di mana Anda harus meninggalkan mereka. Tapi, sebenarnya kita sekumpulan kecil pemain-pemain yang beruntung. Kita beruntung punya kemampuan bermain di Premier League," lanjut Noble.


Fakta Menarik Boxing Day


Meski terus mendapat kritikan, untuk sebagian tim, Boxing Day justru bisa menjadi berkah. Pasalnya, mereka punya catatan bagus saat bertanding di masa ini. Contohnya MU yang sejak 2002 selalu mampu melewati periode ini dengan mulus.


Namun, ada juga yang menganggap boxing day adalah mimpi buruk. Posisi tim-tim tersebut bisa melorot tajam karena jadwal pertandingan yang padat. Berikut ini adalah 5 fakta menarik jelang Boxing Day seperti dilansir Daily Mail:


1. MU adalah tim yang paling bagus catatannya di periode boxing day. Sejak 2002, mereka sudah melakoni 22 pertandingan di Boxing Day.


Tercatat, MU hanya kalah sekali di Boxing Day, yaitu saat melawan Middlesbrough. MU kalah dengan skor 1-3. Rasio kemenangan MU di Boxing Day adalah 86,4 persen.


2. Arsenal menjadi tim kedua yang punya catatan terbaik di Boxing Day. Dari 22 pertandingan terakhir pada periode ini, mereka berhasil menang 15 kali, seri di 6 kesempatan, dan kalah sekali.


3. Liverpool belum bisa meraih kemenangan di masa Boxing Day sejak kepergian Rafael Benitez di 2010 silam.


4. Everton dan Aston Villa adalah tim yang catatannya paling buruk di Boxing Day. Villa hanya punya rasio kemenangan 13,6 persen di Boxing Day. Pasukan Paul Lambert cuma menang 3 kali dari 22 laga terakhir mereka di Boxing Day. Catatan ini menjadi yang terburuk sepanjang sejarah Premier League.


Everton pun tak kalah mengecewakan. Mereka cuma bisa menang 6 kali dari 22 pertandingan terakhir di boxing day.


5. Legenda Arsenal, Thierry Henry, adalah raja dari Boxing Day. Henry mencetak 7 gol saat Boxing Day. Pemain Arsenal lainnya yang punya catatan bagus di Boxing Day adalah Theo Walcott. Sang winger hanya butuh sebiji gol lagi untuk menyamai rekor seniornya itu.


Jadwal Pertandingan Boxing Day


Laga Boxing Day akan diawali duel krusial antara Chelsea melawan West Ham United di Stamford Bridge. The Blues merupakan pemuncak klasemen dengan 42 poin. Sementara sang tamu penghuni posisi empat dengan 31 poin.


Sementara Liverpool akan menghadapi lawan mudah di fase ini. Steven Gerrard bakal melawan tim penghuni zona degradasri Burnley. Begitu juga dengan Arsenal yang akan melawan penghuni peringkat 16, QPR.


Sedangkan MU (posisi 3) akan melawan lawan tangguh Newcastle United (posisi 9) di Old Trafford. Tetangga sekota MU, ManCity (posisi 2) akan melawan West Bromwich Albion (posisi 16). 


Berikut ini jadwal lengkap Boxing Day Premier League:

Jumat, 26 Desember 2014

Chelsea Vs West Ham United                 (19.45 WIB)

Burnley Vs Liverpool                             (22.00 WIB)

Crystal Palace VS Southampton              (22.00 WIB)

Everton Vs Stoke City                           (22.00 WIB)

Leicester City Vs Tottenham Hotspur       (22.00 WIB)

Manchester United Vs Newcastle United   (22.00 WIB)

Sunderland Vs Hull City                          (22.00 WIB)

Swansea City Vs Aston Villa                    (22.00 WIB)

West Bromwich Albion Manchester City     (22.00 WIB)


Sabtu, 27 Desember 2014

Arsenal Vs Queens Park Rangers              (00.30 WIB)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya