Mourinho Suntik Filosofi Barcelona ke Dalam Skuad Chelsea

Para pemain Chelsea
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh
VIVAbola
Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?
- Salah satu hal luar biasa yang ditunjukan Chelsea musim ini adalah dominasi yang ditunjukan mereka sepanjang awal musim. The Blues pun dianggap sudah sangat mirip Barcelona pada era kejayaan mereka.

Conte Haramkan Beberapa Makanan Masuk ke Tim Chelsea

Barca ketika masih dibesut oleh Pep Guardiola tampak begitu digdaya. Bahkan, Real Madrid tetap tidak mampu berbuat banyak meski sudah mendatangkan pelatih sekaliber Jose Mourinho.
Harga Mahal untuk Sebuah 'Penyesalan'


Ketika persaingannya dengan Guardiola reda, Mourinho akhirnya hijrah untuk kembali membesut Chelsea. Setelah musim pertama yang cukup memuaskan, kini pasukan Stamford Bridge tampil begitu dominan dalam 16 pertandingan awal.


Menang dalam 12 kali pertandingan, hanya tiga kali ditahan imbang lawan, dan hanya satu kali menelan kekalahan sepanjang awal musim. Puncak klasemen pun berhasil Chelsea amankan.


Berbicara soal hal tersebut, gelandang Chelsea, Cesc Fabregas, menilai Mourinho mampu memoles skuad The Blues dengan taktik yang berhasil ia pelajari dari Barcelona.


"Saya bisa katakan kalau gaya bermain Barca sudah pernah dirasakannya dan dimengerti dengan sempurna. Chelsea bermain dengan gaya mirip," ujar Fabregas soal taktik sang pelatih, pada Radio Marca.


"Selalu ingin jadi protagonis, menguasai bola, dan ingin mencetak gol. Kami mungkin memiliki sistem yang berbeda, tapi filosofinya mirip," lanjut pemain yang mengenal betul karakter bermain Barcelona itu.


Meski begitu, Chelsea tidak memiliki stok pemain seperti Barca yang diisi oleh Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta. Namun, Mourinho dianggap bisa memaksimalkan para pemain-pemain yang dimilikinya.


"Mourinho beradaptasi terhadap pemain miliknya. Yang membuatnya jadi pelatih hebat adalah cara dia beradaptasi dengan situasi apa pun dan timnya bisa bermain dengan berbagai cara. Itu cara melatih yang sangat cerdas," imbuh Fabregas memuji.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya