Ketimbang Bentuk Tim 9, Dialog Menpora-PSSI Lebih Dibutuhkan

Djohar Arifin Husin (tengah) dan La Nyalla Mattalitti (kanan)
Sumber :
  • Jonathan Pandapotan/VIVAbola

VIVAbola – Dialog dianggap cara yang lebih efektif untuk bisa dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, dalam berkomunikasi dengan PSSI. Rencana pembentukan Tim 9 juga dinilai tak diperlukan bila Menpora ingin mengedepankan gagasan ‘Negara Hadir’ dalam sepakbola.

Seperti diketahui, muncul wacana Menpora akan membentuk Tim 9, yang bertugas mengawasi kinerja PSSI. Namun, wacana ini dianggap langkah yang kurang tepat, apalagi belum jelas apa fungsi dan tujuan konkret dibentuknya Tim 9 oleh Menpora.

“Apa tugasnya dan untuk apa (Tim 9)? Karena PSSI bisa kapan saja berdialog dengan Menpora. Dialog intens, bukan sekedar silaturahmi seperti yang telah dilakukan PSSI setelah Menpora dilantik,” kata Wakil Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, dalam situs resmi PSSI.

Yang paling ditakutkan adalah kemungkinan adanya potensi Tim 9 disusupi oleh orang-orang yang sempat menukangi PSSI pada 2011 dan 2012, namun gagal. Seperti diketahui, sebagai para pengurus PSSI pada 2011 dan 2012 terbukti gagal dalam menjalankan roda organisasi dan kompetisi, sehingga mendapat mosi tidak percaya dari mayoritas anggota PSSI. 

“Jadi menurut saya tidak perlu Tim 9. Kenapa? Karena siapa yang duduk di Tim 9, kami juga tidak tahu. Apalagi kalau diisi oleh orang-orang yang kemarin di tahun 2011 dan 2012 pernah di PSSI dan terbukti gagal menjalankan roda organisasi dan kompetisi,” jelas La Nyalla. 

“Buktinya nyata, mereka mendapat mosi tidak percaya oleh 526 dari sekitar 700 anggota PSSI. Sampai akhirnya terjadi dualisme kepengurusan yang akhirnya berhasil diselesaikan oleh FIFA melalui peran aktif Menpora saat itu, Pak Roy Suryo. Dan lahirlah kepengurusan kami ini di Exco PSSI, yang baru menjalankan roda organisasi sejak Maret 2013,” lanjut La Nyalla. (ren)

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Lihat berita menarik lainnya klik di sini

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022