Drama 5 Gol, Thailand Juara Piala AFF 2014

Pemain Thailand, Chanathip Songkrasin
Sumber :
  • REUTERS/Joshua Paul

VIVAbola – Thailand memastikan diri sebagai juara Piala AFF 2014 setelah menang agregat 4-3 atas Malaysia di laga final yang berlangsung dua leg. Meski Malaysia 3-2 dalam laga kedua yang digelar di Stadion Shah Alam, namun Thailand menang 2-0 pada leg pertama.

Tertinggal 2-0 di babak pertama, para pemain Thailand langsung tancap gas saat memasuki babak kedua. Serangan cepat dengan permainan umpan-umpan pendek diperagakan oleh Charyl Chappuis dan kawan-kawan.

Pada menit ke-50, Thailand memperoleh peluang, sayang umpan silang Chanathip Songkrasin ke arah mulut gawang gagal disambut oleh rekan-rekan setimnya. 10 menit sudah berjalan di babak kedua, belum ada gol tercipta.

Malah pada menit ke-58, Malaysia bisa memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-0 melalui tendangan bebas Safiq Rahim. Ini juga menjadi gol keenam Safiq Rahim dalam Piala AFF 2014, yang juga bisa menjadikannya top skorer.

Pasukan Kiatisuk Senamuang mencoba mengejar ketinggalan mereka, tapi sepakan Adisak Kraisorn pada menit ke-68 masih menyamping. Harimau Malaya sendiri memilih bermain lebih bertahan dengan melakukan pergantian pemain.

Namun, pada menit ke-82, Charyl Chappuis menghidupkan harapan Thailand lewat golnya yang memanfaatkan bola rebound. Gol tersebut membuat skor menjadi 3-1, dan agregat kembali imbang 3-3.

Mendapat harapan, Thailand benar-benar langsung menekan pertahanan tuan rumah dengan mengandalkan kecepatan pemain mereka. Benar saja, Chanathip Songkrasin mengubah kedudukan menjadi 3-2 pada menit 86, setelah menerima umpan Adisak Kraisorn.

Skor sementara 3-2 untuk keunggulan Malaysia, namun Thailand unggul agregat 4-3 atas anak-anak asuhan Dollah Salleh. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 3-2 tak berubah, Thailand menjadi juara Piala AFF 2014 karena menang agregat 4-3 atas Malaysia.

Daftar Tim Asia yang Lolos ke Babak 3 Pra Piala Dunia 2018

Susunan pemain:

Malaysia: Farizal Marias, Zubir Azmi, Afif Amiruddin (Muslim Ahmad 68), Shukor Adnan, Subramaniam Kunnanlan, Indra Putra Mahayuddin (Gary Steven Robbat 78), Safiq Rahim, Mohammad Badri Radzi, Azammuddin Akil (Safee Sali 14), Amri Yahyah, Norshahrul Talaha.

Thailand: KawinThamsatchanan, Suttinun Phukhom, Narubodin Weerawatnodom, Peerapat Notchaiya, Charyl Chappuis, Chanathip Songkrasin, Kroekit Thaweekarn (Adul Lahsoh 87), Tanaboon Kesarat, Prakit Deeprom (Sarawut Masuk 63), Sarach Yooyen, Adisak Kraisorn. 

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Lihat berita menarik lainnya klik di sini

Petugas Garuda Mendeteksi Zamzam di Koper Jemaah Haji

Simpan Sabu 1 Kilo di Celana Dalam, Pria Malaysia Dibekuk

Lelaki ini menyimpan sabu seberat 1 kilogram di celana dalamnya

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016