GBLA Belum Layak, Persib Tetap Pilih Si Jalak Harupat

Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat.
Sumber :
  • Google Picture

VIVAbola - Akibat belum siap digunakan, Persib Bandung kemungkinan besar harus mengubur angan-angan memakai Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).  Padahal, sebelumnya santer dikabarkan GBLA merupakan tempat Persib menggelar laga kandang di kompetisi musim depan.

Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pun akhirnya tetap jadi pilihan Maung Bandung termasuk untuk menjamu lawan-lawannya. Si Jalak Harupat bakal menjadi markas Maung Bandung saat bertanding di kompetisi antarklub Asia, entah Liga Champions Asia maupun Piala AFC, jika Persib gagal melewati fase play off.

Pembangunan akses jalan yang belum selesai jadi penyebab utama Persib belum bisa memaksimalkan Stadion GBLA sebagai kandang. "Kita sudah ajukan Jalak Harupat untuk musim depan, termasuk untuk kompetisi Liga Champions ataupun Piala AFC," jelas General Coordinator Panpel Persib, Budi Bram Rachman kepada wartawan di Graha Persib, Rabu 17 Desember 2014.

Namun, Bram menyatakan, agar dapat lolos verifikasi AFC dan digunakan sebagai tempat laga kandang di kompetisi antarklub Asia, pihaknya mesti menyiapkan anggaran lebih untuk memperbaiki dan menyediakan fasilitas yang belum tersedia di Stadion Si Jalak Harupat.

"Aturan dan standar yang digunakan antara ISL dengan antarklub Asia, tentu saja berbeda. Kita akui untuk menyelenggarakan pertandingan di level Asia harus dilakukan beberapa perbaikan dan menyediakan kekurangan fasilitas yang ada di sana. Seperti press room, ruang medis yang nanti digunakan juga untuk tes doping dan beberapa fasilitas lain yang ditetapkan AFC," ungkap Bram.

Manajemen Persib memang mau tak mau harus menyediakan anggaran lebih, apalagi beberapa waktu lalu Stadion Si Jalak Harupat dilaporkan mengalami kerusakan di sejumlah fasilitas. Seperti tak berfungsinya saluran air, buruknya kondisi toilet dan lainnya.

Meski sejatinya semua kekurangan itu jadi tanggung jawab pengelola Stadion Si Jalak Harupat, namun melihat mepetnya waktu, Persib sepertinya harus bertindak sendiri agar stadion berkapasitas 27.000 tempat duduk tersebut dinilai layak oleh AFC.

Terkait tak didaftarkannya Stadion GBLA, Bram mengakui jika stadion yang berlokasi di kawasan Gedebage itu belum memiliki sarana jalan masuk yang menunjang. "Aksesnya jalan saja sebenarnya yang belum siap. Karena stadionnya sudah cukup siap dipakai," ujar Bram.

Lihat berita menarik lainnya klik di sini

Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016