7 Fakta Menarik Usai Barca Depak PSG dari Puncak Grup F

Penyerang Barcelona, Lionel Messi merayakan gol ke gawang PSG
Sumber :
  • REUTERS/Albert Gea

VIVAbola - Barcelona berhasil membungkam tamunya Paris Saint-Germain (PSG) 3-1 pada laga terakhir Grup F Liga Champions. Tim asuhan Luis Enrique pun berhak melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup.

Pada laga yang dihelat di Camp Nou, Kamis 11 Desember 2014 dini hari WIB, Barcelona sebenarnya tertinggal lebih dulu lewat aksi Zlatan Ibrahimovic. Namun setelahnya, Blaugrana bangkit dan mencetak gol lewat Lionel Messi, Neymar, dan Luis Suarez.

Sejumlah fakta menarik pun hadir menyusul kemenangan Blaugrana atas Les Parisiens. Di antaranya, tambahan satu gol membuat Messi menyamai pencapaian legenda Real Madrid, Raul, sebagai pemain dengan gol terbanyak di seluruh kompetisi Eropa.

Selain itu, rentetan hasil positif PSG akhirnya terhenti di Camp Nou. Ini merupakan kekalahan pertama mereka di kompetisi resmi, sejak tujuh bulan lalu. Terakhir kali mereka tumbang adalah saat dibekap Rennes 1-2 di kandang sendiri, 8 Mei 2014.

Berikut fakta menarik selengkapnya, seperti dilansir Opta dan Infostrada:

1. Andres Iniesta diturunkan sejak menit pertama oleh Luis Enrique, sebelum digantikan Xavi pada menit 73. Ini merupakan laga ke-100 Iniesta di Liga Champions. Dan, dari 100 laga tersebut, pemain berusia 30 tahun itu telah meraih tiga titel.

2. Messi mencetak gol pembuka bagi Barcelona. Gol tersebut membuatnya sejajar dengan legenda Real Madrid, Raul, dengan torehan 76 gol di seluruh kompetisi Eropa. Perolehan Messi juga satu gol lebih banyak dari pesaingnya, Cristiano Ronaldo. 

3. Neymar telah mencetak tujuh gol bagi Barcelona di ajang Liga Champions. Mantan pemain Santos itu hanya tertinggal satu gol dari legenda Brasil, Romario.

4. Pada laga dini hari tadi, Luis Suarez mencetak assist untuk gol Lionel Messi dan mencetak gol penutup bagi Blaugrana. Ini merupakan pertama kalinya mantan pemain Liverpool tersebut mencetak gol dan assist dalam satu laga untuk Barcelona.

5. Tak ada pemain Blaugrana yang benar-benar dominan dalam mencatatkan passing pada fase grup. Untuk pertama kalinya sejak 2008, tak ada perwakilan Barcelona di lima peringkat teratas pemain dengan passing terbanyak di fase grup Liga Champions.

6. Kemenangan atas PSG membuat Blaugrana melanjutkan tren positif sebagai juara grup di setiap musim Liga Champions. Sejauh ini, Barcelona sudah 13 kali menuntaskan fase grup dengan menjadi yang terbaik, satu lebih banyak dari catatan Real Madrid.

7. Rekor tak terkalahkan PSG pada musim ini akhirnya terhenti di tangan Barcelona. Tim asuhan Laurent Blanc itu menjadi klub terakhir, dari hampir 500 klub, dari 54 negara anggota UEFA, yang menderita kekalahan pada musim ini.

Ibra Ogah Berhubungan Intim Jelang Tanding

Baca Juga:

Legenda Argentina Dukung Messi, Brasil Pilih Ronaldo

Hasil Lengkap Laga Sengit Liga Champions Dini Hari Tadi

Bos QPR Ingin Boyong Pemain Indonesia

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool
Striker Barcelona, Lionel Messi

Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN

Tapi, keputusan tersebut tergantung pada penilaian Luis Enrique.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016