5 Pilar Persib Pernah Main di Liga Champions, Siapa Paling Pengalaman?

Pemain Persib, Tony Sucipto.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAbola - Persib Bandung akan tampil di Liga Champions Asia (LCA), musim ini. Siapakah pemain-pemain "Maung Bandung" yang pernah merasakan tampil di kompetisi antarklub terbaik Asia tersebut?

Saat ini, tercatat 5 pemain Persib pernah tampil di ajang LCA. Mereka adalah Tony Sucipto, Muhammad Ridwan, Firman Utina, Achmad Jufriyanto, dan Supardi. Tony jadi pemain paling berpengalaman di level Asia.

Bek kiri Persib tersebut tercatat sudah dua kali tampil di kompetisi LCA, saat itu kala masih memperkuat Sriwijaya FC pada 2009 dan 2010. Selain itu, Tony juga tampil satu kali di Piala AFC musim 2010 juga bersama SFC.

Selama bermain di AFC maupun LCA, Tony sudah tampil sebanyak 949 menit dan 13 kali bermain. Masing-masing 66 menit saat tampil di LCA musim 2010 (satu kali), 468 menit saat tampil di AFC 2010 (enam kali), dan LCA musim 2009 (enam kali) dengan catatan waktu 949 menit.

Dibandingkan dengan Tony, sejumlah pemain Persib masih kalah jam terbang di kancah Asia. Ridwan, Jupe, dan Supardi baru satu kali tampil di AFC dan LCA, sementara Firman baru satu kali saja tampil di LCA.

Meski mengecap banyak pengalaman, Tony tetap tidak membuat persiapan khusus untuk ikuti LCA ketiga sepanjang karirnya. Menurutnya, atmosfer LCA dengan ISL tidak terlalu berbeda jauh.

"Sama seperti pertandingan menghadapi lawan tim luar lainnya. Tidak ada persiapan khusus. Atmosfernya juga, kalau menurut saya sama seperti di ISL. Tapi, mungkin perbedaan wasitnya yang berbeda," kata Tony, seperti dilansir situs resmi Persib.

"Yang berbeda kualitas wasit. Kita harus lebih paham mana pelanggaran mana bola yang play atau tidak. Karena bisa merugikan tim kalau ceroboh. Wasit di pertandingan internasional lebih jeli, jadi harus hati-hati," nilainya.

Persib memulai perjalanan di LCA lewat jalur kualifikasi. "Maung Bandung" mendapatkan satu tempat di kualifikasi babak kedua.

Lawan di babak tersebut akan ditentukan pada undian yang akan dilakukan AFC pada 11 Desember 2014 mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. (one)

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

Baca juga:

Kostum Anyar PBR Dihiasi Jembatan Pasupati

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong

Samsul Arif Jadi Rebutan Arema dan Barito Putera

PSSI Tunjuk Dirtek Asal Belanda, Apa Saja Tugasnya?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya