4 Gol Tanpa Balas, Kekalahan Terparah Timnas Indonesia

Indonesia Dibantai Filipina 4-0
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Tim nasional Indonesia dipaksa menelan kekalahan pertama dari Filipina sepanjang sejarah sepakbola. Ternyata, kekalahan pahit itu sekaligus mencoreng wajah Indonesia dengan rekor buruk.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Skuad Garuda dipaksa menelan kekalahan telak 0-4 saat menghadapi Filipina di laga kedua Piala AFF 2014 yang berlangsung pada Selasa 25 November 2014. Phil Younghusband, Manuel Ott, Martin Steuble, dan Rob Gier bergantian menjebol gawang Indonesia.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Hasil buruk di Stadion My Dinh itu jadi rekor kekalahan terburuk Indonesia sepanjang ikut serta di Piala AFF sejak 1996. Sebelumnya, Tim Merah Putih tak pernah menelan kekalahan 4 gol tanpa balas.


Kekalahan terburuk Indonesia sebelumnya terjadi pada Piala Tiger 2000. Ketika itu, Indonesia kalah 1-4 dari Thailand di laga fase grup dan partai final.


Pada 4 tahun yang lalu, Indonesia pernah merasakan marjin kekalahan sama yaitu ketika tumbang 0-3 dari Malaysia di leg 1 final. Defisit tiga gol adalah jarak terparah yang pernah dirasakan Indonesia sepanjang Piala AFF.


Sedangkan dari catatan terakhir, Indonesia terakhir kalah lebih telak dari wakil Asia Tenggara di seluruh kompetisi lainnya saat tampil di ajang King's Cup 1980. Saat itu, Indonesia kalah 0-6 dari Thailand.


Kekalahan dari Filipina sudah sangat pahit, apalagi ditambah mencatatkan rekor terburuk sepanjang sejarah Piala AFF. Semoga kekalahan telak ini menjadi yang pertama dan terakhir bagi Indonesia.


Saat ini, Indonesia menduduki peringkat 3 klasemen grup dengan satu poin dari dua pertandingan. Posisi Garuda terjepit karena dua negara teratas lainnya Filipina (6 poin) dan Vietnam (4 poin) berada di atas angin.


Indonesia masih memiliki satu laga sisa di Piala AFF 2014 saat menghadapi Laos pada Jumat, 28 November 2014. Kemenangan telak bisa meloloskan Indonesia, asal Vietnam kalah dari Filipina di saat yang sama. (one)


Baca juga:

Timnas Indonesia di Tepi Jurang

Pelatih Filipina Tak Menyangka Bisa Mudah Kalahkan Indonesia

Hasil Lengkap Laga Liga Champions Dini Hari Tadi


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya