Filipina, "Si Anak Bawang" Berperingkat Tertinggi di Piala AFF

Pemain Filipina, Philip Younghusband.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo.

VIVAbola - Dulu, Filipina bisa disebut sebagai tim anak bawang di Asia Tenggara. The Azkals seringkali menjadi lumbung gol bagi tim lawan setiap berlaga di Piala AFF.

Filipina selalu gagal lolos dari penyisihan grup sejak Piala AFF masih bernama Piala Tiger pada 1996 hingga Piala AFF 2007. Tim ini bahkan seringkali menjadi juru kunci di babak penyisihan grup.

Bahkan, kekalahan yang diderita Filipina di Piala AFF seringkali dengan skor mencolok. Salah satunya terjadi pada 2002. Saat itu, Indonesia menggilas Filipina 13-1, dan menjadi kemenangan terbesar sepanjang sejarah Tim Garuda.

Namun, cerita berbeda mulai terjadi di Piala AFF 2010. Mengandalkan pemain-pemain naturalisasi, Filipina yang dilatih Simon McMenemy berhasil menembus babak semifinal. Mereka bahkan sukses mengalahkan juara bertahan Vietnam 2-0 di penyisihan grup.

Langkah Filipina akhirnya dihentikan Indonesia. Tim besutan Alfred Riedl menang 2 kali di Jakarta dengan agregat 2-0 (1-0, 1-0).

Dua tahun kemudian, Filipina kembali menembus babak semifinal. Mereka sukses menyingkirkan Vietnam dan Myanmar di babak penyisihan grup. Langkah Filipina di semifinal dihentikan Singapura yang akhirnya menjadi juara.

Kekuatan Filipina dalam beberapa tahun terakhir memang berkembang pesat. Mereka kini menjadi negara Asia Tenggara dengan peringkat dunia FIFA terbaik.

Filipina ada di peringkat 129 FIFA, di atas negara-negara yang pernah juara di Piala AFF yakni Thailand (165), Singapura (161), Malaysia (156), dan Vietnam (136).

Filipina pun mengawali langkah di Piala AFF 2014 dengan manis. Tim besutan Thomas Dooley ini menaklukkan Laos 4-1.

Indonesia akan menjadi lawan kedua Filipina di My Dinh National Stadium, Selasa 25 November 2014. Melihat sepak terjang Filipina sejauh ini, tim besutan Alfred Riedl pantas waspada.

Prestasi Filipina di Piala AFF
Juara: -
Semifinal: 2 kali (2010, 2012)
Penyisihan grup: 6 kali (1996, 1998, 2000, 2002, 2004, 2007)
Gagal lolos kualifikasi: 1 kali (2008)

Baca juga:

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Tak Gila Pujian, Mourinho Hanya Butuh Trofi

Juventus Bisa Saja Jual Pogba dan Vidal

Kata Mancini Usai Debutnya di Inter Berakhir Imbang

Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016