Derby Milan, dari Pemain Legendaris Hingga Pertandingan Tak Terlupakan

inter kalahkan milan 1-0 di derby milan, 23 Desember 2013
Sumber :
  • REUTERS/Alessandro Garofalo

VIVAbola - Derby della Madonnina edisi ke-213 akan tersaji di San Siro, Minggu 22 November 2014 (Senin dini hari WIB). Laga antara dua tim sekota, AC Milan dan Inter Milan ini selalu berlangsung panas.

Sederet bintang dunia sempat berpartisipasi dalam duel derby ini. Bintang-bintang lokal maupun asing pernah beradu menjadi yang terbaik di derby Milan.

Dari bintang Italia, ada nama-nama Gianni Rivera, Sandro Mazzola, Baresi bersaudara, dan Giuseppe Meazza.

Milan dan Inter juga pernah memiliki bintang-bintang luar yang pernah mencapai masa kejayaan. Nils Liedholm, Ruud Gullit, Marco van Basten, Andriy Shevchenko, dan Kaka pernah membela panji Rossoneri.

Sementara itu, Nerazzurri memiliki nama tak kalah tenar dari mulai Lennart Skoglund, Luis Suarez, Lothar Matthaeus, Ronaldo, dan Zlatan Ibrahimovic.

Di derby dini hari nanti, sederet bintang lokal dan luar akan unjuk gigi. Milan yang memiliki Andrea Poli, Nigel De Jong, dan Jeremy Menez akan bertarung dengan Nemanja Vidic, Fredy Guarin dan Andrea Ranocchia.

Partai hujan gol

Seperti dilansir Forza Italian Football, ada banyak laga derby klasik yang sulit untuk dilupakan. Tak jarang terjadi hujan gol dalam derby. Salah satunya adalah hasil imbang 4-4 pada Februari 1949.

Pertandingan lainnya yang memunculkan hujan gol adalah, saat Inter yang mengusung nama Ambrosiana menaklukkan Milan 5-4 pada November 1932. Lalu, Nerazzurri pernah menang 6-5 pada Desember 1949.

Inter juga pernah menaklukkan Milan 4-3 pada Oktober 2006, dan pernah menang 4-2 pada Mei 2012.

Milan juga pernah menaklukkan Inter lewat drama banyak gol. Rossoneri menang 5-3 pada Maret 1960, dan menang 3-2 pada Februari 2004. Partai yang tak bisa dilupakan fans Milan tentu saja, saat menggilas saudara sekota mereka 6-0 pada Mei 2001.

Derby Milan juga pernah tersaji di Liga Champions, tepatnya pada musim 2002-2003 dan 2004-2005. Dalam dua kesempatan tersebut, Rossoneri selalu keluar sebagai pemenang.

Sayangnya, empat derby terakhir justru tak pernah menghasilkan banyak gol. Inter dua kali menang dengan skor 1-0, Milan menang sekali dengan skor serupa. Satu laga lainnya berakhir imbang 1-1.

Baca Juga:

Hasil Lengkap Pertandingan Liga-liga Eropa Malam Tadi

FOTO: Indonesia Tahan Imbang Vietnam 2-2

6 Fakta Menarik Usai MU Tekuk Arsenal di Emirates

Gelandang Madrid Jadi Target Utama Proyek Irit Milan

(asp)

Frank De Boer, pelatih anyar Inter Milan.

Janji Pelatih Anyar Inter Milan

De Boer akan menggantikan posisi Roberto Mancini yang dipecat.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016