Indonesia Kerap Tampil Superior di Laga Pembuka Piala AFF

Timnas Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAbola
Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok
- Catatan superior berhasil dibuat Indonesia dalam laga pertama mereka sepanjang sejarah Piala AFF. Skuad Garuda kerap menang dengan skor fantastis.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Dalam sembilan edisi Piala AFF terakhir, Indonesia tidak pernah satu kali pun merasakan kekalahan. Tujuh laga berakhir dengan kemenangan, sementara dua laga berakhir imbang.
Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot


Tidak hanya itu, Indonesia juga hanya satu kali saja gagal mencetak gol yaitu saat ditahan Myanmar 0-0 pada 2002. Selebihnya, Indonesia selalu mencetak lebih dari satu gol.


Total 30 gol berhasil ditorehkan Indonesia dalam laga pertama mereka di Piala AFF, dan hanya kebobolan lima kali saja. Kemenangan terbesar tim merah-putih di laga pertama Piala AFF yaitu pada 2004 saat membantai Laos enam gol tanpa balas.


Namun, itu hanya catatan sejarah. Lawan-lawan Indonesia saat itu juga relatif tidak begitu kuat. Kini, tim asuhan Alfred Riedl harus menghadapi tim kuat, Vietnam, yang juga berstatus tuan rumah.


Apakah catatan positif Indonesia di laga pertama Piala AFF akan terus berlanjut? Atau malah akan merasakan kekalahan pertama mereka di pembukaan turnamen paling bergengsi Asia Tenggara tersebut?


Rekor Indonesia di Laga Pembuka Piala AFF:

2012: 2-2 laos

2010: 5-1 Malaysia

2008: 3-0 Myanmar

2007: 3-1 Laos

2004: 6-0 Laos

2002: 0-0 Myanmar

2000: 3-0 Filipina

1998: 3-0 Filipina

1996: 5-1 Laos
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya