Tumbangkan Laos, Filipina Raih Poin Sempurna di Laga Pembuka Piala AFF

Pemain Filipina, Philip Younghusband.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo.

VIVAbola – Filipina berhasil mengemas poin sempurna di laga pembuka Grup A Piala AFF 2014 di Stadion My Dinh, Sabtu 22 November 2014. Tim berjuluk The Azkals itu sukses menumbangkan Laos dengan skor akhir 4-1.

Filipina langsung berinisiatif lakukan serangan ke daerah pertahanan Laos, namun masih belum bisa menghasilkan gol. Menit 10, Filipina kembali mengancam gawang Laos, sayang tendangan Martin Steuble dari luar kotak penalti masih tipis di atas mistar.

Laos malah berhasil mencuri gol lebih dulu di menit 21 melalui tendangan bebas dari Khampeng Sayavutthi yang tak mampu diamankan oleh kiper Patrick Deyto. Tertinggal 0-1 dari Laos, semakin meningkatan intensitas serangan dari skuad Thomas Dooley.

Peluang emas didapatkan Filipina di menit 30, bola lambung yang dilepaskan Martin Steuble sempat terlepas dari tangkapan kiper Soukhtavy Soundala. Bola pun langsung direbut oleh  Jerry Lucena melepaskan tendangan ke arah gawang yang telah kosong.

Akan tetapi, bek Laos dengan cepat langsung mengamankan bola hasil sepaka Lucena. Akhirnya, Filipina berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol sundulan Simone Rota, yang memanfaatkan sepak pojok dari Manuel Ott.

Jelang berakhirnya babak pertama, Filipina berhasil membalikkan keunggulan menjadi 2-1. Kapten Philip Younghusband berhasil mengonversi umpan lambung Manuel Ott dari sisi kiri menjadi sebuah gol. Skor 2-1 untuk Filipina bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, permainan cepat dan jual beli serangan masih diperlihatkan oleh  kedua tim. Khampeng Sayavutthi nyaris mencetak gol kembali untuk Laos di menit 64, tapi dia telat menyambut umpan sodoran dari sisi kanan pertahanan Filipina.

Filipina semakin menjauh dari Laos usai mencetak gol ketiga di menit 77, gol kali ini dicetak Patrick Reichelt. Pemain yang baru masuk di menit 65 itu berhasil memanfaatkan umpan terobosan yang sangat cantik dari Philip Younghusband. Skor 3-1 untuk Filipina.

Patrick Reichelt kembali mencetak gol keduanya di menit 89, gol kembali tercipta melalui umpan Philip Younghusband. Skor 4-1 untuk keunggulan Filipina pun bertahan hingga laga berakhir, kemenangan ini membuat mereka memuncaki klasemen sementara Grup A dengan 3 poin.

Susunan Pemain

Filipina: Patrick Deyto, Juan Luis Guirado, Simone Rota (K. Daniels ’81), Amani Manuel Aguinaldo, Daisuke Sato, Martin Steuble, Manuel Gelito Ott, Jerry Lucena (James Younghusband ’83), Mishag Bahadoran, Philip Younghusband, Mark Hartmann (Patrick Reichelt ’65)

Laos: Soukhtavy Soundala, Saynakhonevieng Phommapanya, Ketsada Souksavanh, Saychon Khounsamnan, Phoutdavy Phommasane (Phoutthasay Khochalern ’77), Khonesavanh Sihavong, Keoviengphet Lithideth, Soukaphone Vongchiengkham, Vilayout Sayyabounsou, Sengdou Inthilath (B. Sipasong ’80), Khampeng Sayavutthi

Melintasi Jalur 'Neraka' dari Laos Ke Hanoi

Baca juga:

Lima Tempat Wisata Asyik di Laos

7 Fakta Menarik Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam

Evan Dimas Tak Gentar Hadapi Tekanan Publik Singapura

Pelatih Vietnam Waspadai 3 Pemain Timnas Indonesia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya