7 Fakta Menarik Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam

Pemain tim nasional Indonesia berlatih di Piala AFF 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

VIVAbola - Tim nasional Indonesia akan melakoni laga perdana mereka di Piala AFF 2014 saat hadapi Vietnam hari Sabtu malam, 22 November 2014, di Stadion My Dinh. Beberapa catatan positif berhasil dicatatkan pada masa lalu.

Berdasarkan tujuh fakta yang berhasil dikumpulkan VIVAbola, Indonesia cukup superior di laga perdana Piala AFF. Begitu juga saat bertemu Vietnam. Namun, sejarah tak menjamin tiga poin bisa diraih skuad Garuda malam nanti.

Tapi tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa fakta menarik yang dicatatkan Timnas Indonesia di laga pertama turnamen sepakbola terbesar Asia Tenggara tersebut:

1. Indonesia belum pernah merasakan kekalahan pada laga pertama mereka sepanjang sejarah Piala AFF (tujuh kali menang dan dua kali imbang).

2
. Indonesia hanya satu kali gagal mencetak gol di laga perdana Piala AFF, yaitu pada 2002 saat hanya bisa bermain imbang 0-0 menghadapi Laos.

3. Dari 18 pertemuan melawan Vietnam, Indonesia berhasil meraih tujuh kemenangan, kalah empat kali, dan enam pertandingan berakhir tanpa pemenang.

4.
Indonesia berhasil meraih kemenangan atas Vietnam terakhir pada 2008 silam. Sedangkan dua laga terakhir pada 2012 berakhir dengan skor sama 0-0.

5. Indonesia tercatat sudah menjalani sembilan pertandingan di Vietnam sepanjang sejarah Piala AFF, pada tahun 1998 dan 2004. Denganr rekor enam kali menang, dua kalah, dan satu seri.

6. Catatan positif dibuat Indonesia setiap kali bermain di Stadion My Dinh, Hanoi. Skuad Garuda belum pernah kalah di stadion berkapasitas 40.000 kursi itu, menang 3-0 pada 2004 lalu imbang 0-0 di 2012.

7. Ada tiga pemain yang pernah membela Indonesia hadapi Vietnam di ajang Piala AFF edisi sebelumnya. Yaitu Supardi Nasir pada tahun 2007 lalu Boaz Solossa dan Firman Utina pada 2004.

Bocah Asal Poso Ini Akan Ikut Turnamen di Denmark dan Swedia

Baca juga:

10 Fakta Menarik Timnas Indonesia di Kancah Piala AFF

Piala AFF 2014, Comeback Boaz Setelah Satu Dekade


Dapat Donor Ginjal, Riedl Merasa Jadi Setengah Orang Vietnam

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot
Pemain Timnas Argentina

Rangking FIFA: Argentina di Puncak, Indonesia Makin Anjlok

Argentina menggeser Belgia di rangking teratas dunia.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016