Menanti Aksi "Boci" Usai Absen Satu Dekade di Piala AFF

Pemain timnas Indonesia, Boaz Solossa
Sumber :
  • Zing.vn
VIVAbola
TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan
- Pecinta sepakbola Indonesia tentu sangat mengidolakan sosok Boaz Solossa. Kapten Persipura Jayapura ini akan
comeback
Seleksi Timnas Indonesia untuk Piala AFF Dimulai Hari Ini
setelah satu dekade absen di Piala AFF 2014.
Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

Boaz pertama dan terakhir kali tampil di kompetisi sepakbola antarnegara ASEAN itu pada 2004. Pemuda 18 tahun asal Sorong tersebut mampu tampil memukau dengan membukukan 4 gol di kompetisi yang kala itu bernama Piala Tiger.


Uniknya, comeback ini akan kembali dijalani Boaz di negara yang sama yaitu Vietnam. Kala itu, publik Ho Chi Minh bahkan sempat tersihir dengan permainannya dan menjuluki Boaz sebagai "Wayne Rooney dari Indonesia".


Gawang Laos berhasil digetarkan dua kali. Boaz lalu berhasil mencetak satu gol ke gawang tuan rumah di fase grup dan satu gol di babak semifinal. Sayangnya, Indonesia gagal meraih juara usai kalah dari Singapura.


Kenangannya di Piala Tiger pun ditutup dengan pengalaman buruk. Boaz mengalami cedera pada leg 1 babak final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, dan tak bisa tampil pada leg 2 di Singapura.


Sejak saat itu, Boaz tak pernah tampil lagi bersama Timnas di ajang Piala AFF. Mulai dari masalah cedera sampai indisipliner sempat mengganjal kapten Persipura Jayapura tersebut.


Kini, peluang Boaz untuk kembali tampil di ajang Piala AFF terbuka lebar saat menghadapi Vietnam pada laga pertama Indonesia di Grup A di Stadion My Dinh, Hanoi, hari ini. Pemain yang akrab disapa "Boci" itu kemungkinan besar diduetkan dengan Sergio van Dijk.


Gawang Vietnam di Stadion My Dinh juga bukan target yang asing buat Boaz. Pada debutnya di Piala AFF 2004 silam, pemilik nomor 7 itu sukses menggetarkan gawang Vietnam saat Indonesia menang telak 3-0 di stadion yang sama.


Setelah sempat mempesona satu dekade lalu pada debutnya, kali ini Boaz diharapkan bisa kembali tampil buas setelah absen panjang di turnamen Asia Tenggara. Bukan hanya gol, semoga gelar juara bisa dipersembahkan pemain 28 tahun ini di akhir kompetisi.


Selamat datang kembali ke Piala AFF dan selamat berjuang "Boci"! (one)

Perbandingan Prestasi Indonesia dan Vietnam di Piala AFF

Pelatih Vietnam: Pengalaman Saya Masih Kalah dari Riedl


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya