Gerak Cepat Arema Temukan Pengganti 3 Legiun Asing

Pemain Persebaya Surabaya, Emmanuel "Pacho" Kenmogne
Sumber :
  • ligaindonesia.co.id

VIVAbola - Arema Cronus langsung bergerak cepat setelah tiga pemain asingnya, Alberto Goncalves, Thierry Gatuessi dan Gustavo Lopez, memutuskan untuk hengkang. Asisten Pelatih Singo Edan, Joko Susilo, mengklaim telah menemukan pengganti ketiganya.

Kontra Bali United, Momen 'Penebusan Dosa' Bagi Arema

Menurut Joko, ketiganya memang belum bisa bergabung pada akhir tahun ini. Namun, secara lisan, pemain-pemain tersebut sudah menyatakan kesediaannya memperkuat Arema.

"Secara lisan sudah deal, sudah disampaikan oleh tiga pemain asing. Pelatih juga sudah menyetujui, tinggal urusan dengan manajemen saja. Soal kontrak saja yang belum deal,” kata Joko, Jumat 21 November 2014.

Sempat beredar sejumlah nama masuk daftar belanja manajemen Arema Cronus. Nama pemain asal Kamerun, Pacho Kenmogne, yang kini merumput bersama Persebaya paling populer diamini manajemen sekaligus Aremania untuk bergabung musim depan mengingat prestasinya sebagai top scorer ISL musim ini.

Dua pemain yang kini merumput di Hanoi T&T Vietnam, yaitu Samson Kayode dan Gonzalo Marronkle, juga santer disebut masuk daftar belanja pemain baru untuk menggantikan tiga pos yang kosong itu.

Meskipun enggan membeberkan nama ketiga pemain tersebut, namun Joko menyebut ketiganya punya prestasi individual sekaligus memiliki reputasi sebagai pemain yang bisa bekerjasama di dalam tim. Salah satu indikator skill pemain adalah jumlah gol yang dicetak saat bermain di musim ini.

VIDEO: Arema Juara Piala Bhayangkara

"Ya, top scorer, tapi itu bukan satu-satunya penilaian. Selain bagus sebagai individu, kami juga memilih pemain yang bisa bekerjasama dan membuat kawan-kawannya ikut maju,” lanjut Joko.

Pacho dan Samson merupakan pencetak gol terbanyak di musim ini. Bersama Persebaya, Pacho mampu melesakkan 25 gol sepanjang musim. Sedangkan pemain naturalisasi Vietnam, Samson, juga menjadi top scorer di V-League Vietnam.

Joko menambahkan di antara tiga pemain asing, dua di antaranya berasal dari ISL, sedangkan satu pemain berasal dari luar Indonesia. Selain ketiga nama di atas, belakangan mencuat juga nama striker Persela Lamongan, Addison Alves. Pemain berusia 33 tahun asal Brasil ini mampu membawa timnya masuk babak 8 besar ISL, satu grup bersama Arema. Addison dianggap mampu menjadi tandem yang baik untuk Cristian Gonzales, target man utama di barisan depan Singo Edan.

Tekuk 10 Pemain Persib, Arema Juara Piala Bhayangkara

Meski sudah memberi persetujuan secara lisan, menurut Joko, tiga pemain incaran Arema masih rentan batal bergabung. Pasalnya, beberapa pemain masih menyisakan masalah di klub sebelumnya.

"Ada yang terkendala masalah gaji, ada yang belum selesai kontraknya dan masih ditahan oleh tim lama. Jadi meskipun sudah oke, tapi mereka belum bisa segera masuk ke Arema. Jadi untuk kepastian lebih baik ditunggu setelah ada kontrak resmi dengan manajemen,” tutur Joko. (one)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya