FOTO: Mengintip Markas Juara ISL 2014, Persib Bandung

Markas Persib Bandung di Stadion Sidolig, Bandung
Sumber :
  • Marco Tampubolon/VIVAbola

VIVAbola - Stadion Sidolig merupakan salah satu warisan Belanda yang sampai saat ini berdiri megah di kota Bandung. Terletak di Jalan Ahmad Yani, stadion yang dibangun pada tahun 1933 ini, belakangan lebih  dikenal dengan nama Stadion Persib.

Sidolig merupakan singkatan dari Sport in de Openlucht is Gezond atau dalam bahasa Indonesia berarti olahraga di udara terbuka adalah sehat. Stadion ini merupakan peninggalan sebuah klub sepak bola, Voetbal Bond Bandung & Omstreken (VBBO).

Kegiatan di Mes Persib Bandung

Selasa lalu, VIVAbola, berkesempatan menyambangi stadion bersejarah tersebut.  Tidak sulit untuk menemukannya. Stadion milik pemerintah kota Bandung tersebut berada tepat di pinggir jalan raya dan tidak jauh dari Lapangan Gasibu, Bandung.

Aroma Persib langsung terasa saat memasuki areal stadion. Toko-toko yang berderet dari pintu masuk hingga ke luar parkiran semuanya memajang deretan kostum Maung Bandung terbaru lengkap dengan gambar trofi Liga Super Indonesia (ISL) 2014. Di antara deretan toko tersebut terdapat sekretariat Viking--kelompok suporter Persib.

Aktivitas lebih banyak berlangsung di toko-toko yang berjejer di bagian luar stadion. Pemilik toko tampak sibuk menyiapkan pesanan kostum para pelanggannya.

Lapangan latihan Persib Bandung

Menurut salah seorang pedagang, permintaan akan replika kostum Persib Bandung memang tengah meningkat. "Setelah Persib juara, penjualan meninggkat dua kali lipat," kata salah seorang penjaga toko yang ditemui VIVAbola di areal stadion Persib.

Mes Persib Bandung

Menurut pria berbadan tambun itu, rata-rata yang memesan adalah suporter Persib atau akrab disebut bobotoh. "Mereka kadang minta namanya disablon di belakang kaos dengan nomor punggung pemain idolanya," sambung penjaga toko itu.

Tak hanya suporter, pemain Persib Bandung, juga ikut memesan. Tantan, striker Persib tampak menunggu di salah satu kios sembari sesekali melayani permintaan foto bareng pengunjung lainnya.

"Ini buat saudara-saudara. Kebetulan sore ini mau pulang ke Lembang," ujar mantan pemain Pesitara Jakarta Utara itu.


Replika jersey Persib Bandung

Mes Persib terdapat di sisi kanan pintu masuk stadion. Di depannya terhampar lapangan sepakbola dengan kondisi rumput yang tampak tidak terawat.  Seorang petugas keamanan ditempatkan di pintu masuk lorong menuju kamar para pemain.

Lapangan latihan Persib Bandung

Tempat tinggal para pemain Persib merupakan gedung berlantai dua dengan posisi kamar yang dibuat berderet-deret. Kondisinya kotor dan terkesan suram. Tidak banyak aktivitas yang berlangsung di sana. Para pemain juga telah diliburkan usai mengikuti pesta rakyat dalam merayakan keberhasilan Persib meraih trofi musim ini.

Mes Persib Bandung

Ikut juga petikan wawancara VIVAbola dengan pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman pada ini.

Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong
Persija Jakarta Vs Persib Bandung

Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak

The Jakmania akan orenkan Manahan saat lawan Persib.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016