Kisah Klub Gurem Italia Tolak Beli Messi dengan Harga Murah

Pemain Barcelona, Lionel Messi, saat gagal mencetak gol
Sumber :
  • REUTERS/Marcelo del Pozo
VIVAbola
Barcelona Masih Mau Beli Striker Walau Sudah Ada MSN
- Presiden Genoa Enrico Preziosi mengaku pernah mendapat kesempatan mendatangkan bintang Argentina Lionel Messi. Namun kesempatan besar itu ditolak Preziosi. Bagaimana ceritanya?

Barcelona Tak Panik Usai Dibantai Liverpool

Peristiwa itu terjadi sekitar tahun 2000 saat Messi berusia 14 tahun dan berada di akademi sepakbola lokal Argentina, Newell's Old Boy. Pencari bakat (scout) Genoa yang menawarkan Messi kepada Preziosi cuma dengan harga $50 ribu (Rp610 juta).
Liverpool Gilas Barcelona di Wembley


"Scout kami di Argentina, Renato Favero pernah merekomendasikan Messi kepada saya. Dia menawarkan remaja fenomenal berusia 14 tahun itu dengan harga $50 ribu," kata Preziosi dilansir Tribal Football, Kamis 13 November 2014.


"Saya tak benar-benar melepas kesempatan itu, tapi di saat yang sama, kala itu saya melihat kami tidak cukup bijak jika 'berjudi' mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk mendapatkan remaja yang fisiknya agak lemah."


Genoa akhirnya melepas kesempatan emas itu. Keputusan Preziosi bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, sejak 11 tahun, Messi memang didiagnosa gangguan pertumbuhan hormon (growth hormone deficiency) yang membuat tubuhnya lemah dan tidak berkembang.


Inilah yang membuat banyak klub saat itu menolak mengontrak Messi meski dia memiliki bakat luarbiasa. Pada akhirnya, hanya Barcelona yang rela mengontrak Messi dan memberikan pengobatan untuknya.


Lamban laun, karier Messi mulai menanjak bersama Barca. Dan kini, pemainĀ  berusia 27 tahun tersebut menjelma menjadi fenomena sejagat dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dunia sepanjang masa.


Football Observatory CIES, Swiss memprediksi, pemain yang kini berusia 27 tahun itu kini seharga $139 juta (Rp1,7 triliun). Meski demikian, banyak klub yang berminat membelinya jika Barca rela melepas.


Lihat artikel menarik lainnya
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya