Apakah Arti Bunga Merah di Kostum Klub Premier League?

Pemain Liverpool, Steven Gerrard, meminta penalti pada wasit
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble

VIVAbola - Mungkin banyak yang bertanya apakah arti dari bunga kecil berwarna merah yang terlihat di kostum pemain Premier League. Adakah yang tahu cerita awalnya?

Bunga berwarna merah itu adalah gambaran dari bunga poppy, yang merupakan simbol mengenang para veteran perang selama perang dunia. Inggris sudah memperingatinya dengan "Remembrance Day" sejak 1921.

Menurut Wikipedia, bunga poppy pertama kali terinspirasi dari puisi karya Letnan Kolonel, John McCrae, yang berjulul "In Flanders Fields".

Judul puisi tersebut merupakan tempat banyak dikuburkannya tentara Amerika yang tewas pada Perang Dunia I (1914-18). Lapangan Flanders berada di daerah Belgia.

Mengapa bunga poppy? Yang menjadi inspirasi McCrae adalah, bunga poppy tumbuh subur di kawasan kuburan massal tersebut. Mengingatkannya pada jasa rekan-rekannya.

Rekor Buruk Mourinho di MU

Puisi itu akhirnya dimuat dalam sebuah majalah Inggris. Setelah itu, simbol bunga poppy banyak diadopsi kelompok veteran perang di Kerajaan Inggris.

Sampai akhirnya pin/bros berbentuk bunga poppy dijualbelikan oleh Royal British Legion (RBL), sebagai bentuk amal untuk para veteran perang. Bunga poppy ini digunakan selama dua pekan sebelum 11 November.

Di Premier League, tradisi yang biasa disebut "Remembrance" ini sudah harus dilakukan sejak 2012. Seluruh klub akan ikut menyumbang ke veteran perang, karena seluruh kostum akan dilelang.

Klub Premier League pertama yang menggunakan bunga poppy ini di kostum mereka adalah Leicester City pada 2003, sebelum disusul beberapa klub sampai 2010. Barulah pada 2012 kostum dengan persiapan khusus dibuat.

"Royal British Legion sangat bersyukur atas dukungan yang diberikan Premier League dan 20 klub di dalamnya. Kami sangat berharap bisa lihat para pemain, pelatih, dan staf menggunakan poppy ini dengan rasa bangga," tutur juru bicara RBL pada Daily Mail. (art)

Eks bos Chelsea Guus Hiddink

Bertemu Conte, Hiddink Minta Saran soal Inter Milan?

Pemilik baru Inter Milan menginginkan Hiddink jadi bos sementara.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016