Berlanjutnya Kutukan Juara Bertahan ISL

Skuad Persipura Jayapura
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
VIVAbola - Persipura Jayapura gagal mempertahankan gelar juara Liga Super Indonesia (ISL). Mutiara Hitam dibekuk Persib Bandung lewat adu penalti pada partai final yang digelar di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Jumat 7 November 2014.
Kesalnya Pelatih BSU Usai Dikalahkan 10 Pemain Persipura

Pertandingan berjalan sengit. Kedua tim bermain imbang 2-2 selama 120 menit. Pemenang pun harus ditentukan lewat babak adu penalti.
Dramatis, 10 Pemain Persipura Tekuk Tuan Rumah BSU

Saat adu penalti, Persipura menyerah dengan skor 3-5 setelah Nelson Alom gagal menundukkan kiper Persib, I Made Wirawan.
Bomber Tajam MU Waspadai Boaz Solossa

Kegagalan Persipura ini membuat kutukan juara bertahan ISL belum terpatahkan. Sejak era Liga Indonesia digulirkan di musim 1994/95 hingga sekarang, belum ada satu tim pun yang mampu meraih gelar juara dua kali beruntun.

Ada pun, Pelita Jaya sukses meraih gelar liga dua kali beruntun saat kompetisi masih berformat Galatama. Mereka melakukannya di musim 1988/89 dan 1989/90.

Sejak saat itu, belum ada tim yang mampu mempertahankan gelarnya. Beberapa tim yang punya peluang untuk mematahkan kutukan itu, tapi semuanya gagal.

Bagi Mutiara Hitam, ini kali ketiga mereka gagal mempertahankan gelar juara. Pada musim 2009/10, Persipura yang berstatus juara bertahan harus bertekuk lutut di hadapan Arema Cronus. 

Sementara pada musim 2011/12, giliran Sriwijaya FC yang memupuskan harapan Boaz Solossa dan kawan-kawan untuk mempertahankan gelar. 

Baca berita menarik lainnya dengan mengklik tautan ini.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya